Sambut Bulan K3 Nasional 2022, PLN UPK Ombilin Gelar Vaksinasi Booster

191

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Bertempat di gedung hall serbaguna komplek perumahan karyawan, PT PLN (Persero) UPK Ombilin bekerjasama dengan Puskesmas Talawi dan Dinas Kesehatan kota Sawahlunto kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi Booster, bagi seluruh pegawai dan tenaga alihdaya di lingkungan PLTU Ombilin, Kamis (27/1/2022) kemarin.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan 1 hari itu, tercatat 283 orang berhasik disuntik vaksin, dari total rencana sebanyak 350 orang.

Menurut Manager PT. PLN UPK Ombilin, Sadiqin, hal ini dikarenakan untuk dapat mengikuti vaksin Booster syaratnya adalah minimum 6 bulan setelah mengikuti vaksin ke 2. Sehingga sebagian peserta yang belum cukup 6 bulan waktu vaksin keduanya, belum bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan vaksin booster ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional tahun 2022, serta dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan penangan wabah pandemi covid-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir, tetapi malah sebaliknya terus bermutasi dengan muncul varian baru seperti Omicron, yang pada tahun 2022 ini sedang menjadi sorotan masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai perusahaan pelayanan yang harus memberikan layanan penyediaan tenaga listrik yang handal dan berkwalitas kepada masyarakat, imbuh Sadiqin, manajemen harus menjamin bahwa seluruh personil yang terlibat di dalamnya dapat dilindungi kesehatannya dari potensi adanya paparan Virus Covid- 19.

“Untuk itulah kami selalu berkomitmen menjalankan program pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus covid-19, termasuk salahsatu upayanya melakukan percepatan vaksin booster,” sebutnya.

Masih dalam suasana peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2022, selain pelaksanaan kegiatan vaksinasi Booster, PLN UPK Ombilin juga menyelenggarakan kegiatan donor darah dan kegiatan kegiatan awareness untuk menumbuhkan kesadaran pegawai tentang pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan dalam berkerja.

Dengan terciptanya budaya K3 dilingkungan kerja, imbuh Sodiqin lagi, maka diharapkan produktifitas personil semakin bagus dan pada akirnya akan berdampak positif pada peningkatan kinerja perusahaan.

Dalam kesemoatan itu, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Dinas Kesehatan kota Sawahlunto melalui Puskesmas Talawi, yang telah menurunkan tim tenaga Medis dan Polres Sawahlunto serta Polsek Talawi yang telah menerjunkan tenaga pengamanan guna mensukseskan pelaksanaan Vaksin di lingkungan PT. PLN UPK Ombilin ini.

Lebih jauh diungkapkan Sadiqin bahwa mulai dari vaksin tahap 1 hingga vaksin booster tahap 3, pihaknya selalu didampingi secara maksimal oleh tenaga medis maupun pihak kepolisian.

“Tanpa adanya dukungan dari stakeholder tersebut, kegiatan vaksin ini tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik. Pada akhirnya, melalui sinergi yang baik ini kita berharap untuk masa masa yang akan datang setiap instansi dapat bergandengan tangan guna mendukung terlaksananya semua program pemerintah untuk kepentingan keaman, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. rel/amin prawira