Aliri Listrik se-Sumatera, Pasokan Batubara PLTU Ombilin Cukup, Ini Penjelasannya

1001

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Ternyata Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) “Sijantang” Ombilin yang terletak di Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menyuplai dan mendiatribusikan aliran listrik untuk Sumatera.

Tak ayal, pihak PLTU Ombilin pun saban saat kerja ekstra untuk menerangi wilayah Sumatera. “ada sekitar 40 tenaga listrik yang bergiliran mengawasi mesin-mesin. Kendalanya kadang karena cuaca dan faktor alam, seperti pohon tumbang, maka listrik sempat padam,”ucap Manager PLTU Ombilin, Sadiqin, dalam bincang khususnya bersama Saptarius, Pemred Jurnalsumbar.Com, Rabu (2//2/2022) di ruang kerjanya.

Pemred Jurnalsumbar.Com, Saptarius Bincang santai bersama Manager PLTU Ombilin, Sadiqin

Dengan santai, mantan Manager PLN Bukittinggi yang lama di Tanjung Karang Lampung itupun bercerita soal PLTU Ombilin. Ia juga mengakui, lingkungan tempat ia bekerja dan menetap sangat damai dan tentram. “Orang disini (Talawi-red) Sawahlunto baik-baik,”ucapnya senang.

Mulai dari pintu gerbang, Pemred Jurnalsumbar.Com sudah dinantinya. Meski begitu, Pemred Jurnalsumbar.Com harus ikuti aturan yang ada di PLTU Ombilin tersebut. Mulai dari mengisi buku tamu hingga melapor ke penjagaan dan menyampaikan maksud dan tujuan pun disampaikan pada bagian yang piket.

Itulah aturan yang diterapkan dan harus dijalani. Sesampai dilantai dua, menunggu agak beberapa menit dan tak beberapa lama baru kemudian yang piket mempersilahkan masuk ke ruangan manager.

Dengan senyum dan sapa, Manager PLTU pun mengulurkan tangan. Selidik punya selidik, ternyata Manager PLTU itu mengawali tugasnya di Lampung. “Sama kalau gitu, saya pun lama dan pernah sekolah di Lampung,”kata Pemred Jurnalsumbar.Com dan membuat suasana pun mencair.

Singkat cerita, Manager PLTU Ombilin pun menyebutkan, bahwa pasokan bahan bakar PLTU berasal dari batubara. “Pasokan batubaranya cukup yang disuplai sekitar delapan perusahaan batubara yang ada di daerah ini,”kata Sadiqin.

Ia menyebutkan, PLTU Ombilin tiap saat menyuplai listrik keseluruh wilayah Sumatera. Alhamdallah , pasokan bahan bakar batubara dan suplai listrik untuk wilayah Sumatera cukup,”ucap mantan Manager PLN Kepahiang Bengkulu itu. Nah, lengkapnya simak bincang khusus Pemred Jurnalsumbar.Com dengan Manager PLTU Ombilin itu.

Dengan cukup banyaknya pasokan kapasitas pembangkit listrik yang mencapai 5.000 MegaWatt (MW) itu, maka diyakini Sumatera teraliri listrik PLTU Ombilin.del/*