Bupati Benny dan Ketua Dekranasda Sijunjung Nikmati Minuman Olahan Jahe Merah Sumarja UPT Padangtarok

332

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Waaw…sensasi luar biasa. Ternyata Minuman olahan Jahe Merah Sumarja UPT Padangtarok SP.1 hadir di Stand Disnakertrans Sijunjung, Sumatera Barat.

Belum lama ini, disaat pembukaan bazar dan stand pameran, terlihat Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.SPT, bersama Ketua DEKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daera) Kabupaten Sijunjung; Ny.Riri Benny Dwifa, Wakil Ketua DPRD, Syofyan Hendri sempat menikmati minuman olahan Jahe Merah Sumarja UPT Padangtarok SP.1 itu.

Selain itu, juga terlihat sejumlah pimpinan OPD dan unsur Forkopimda setempat, ditemani Kadis Nakertrans Adlis diwakili Sekretaris Disnakertrans Sijunjung, Sugeng Pamular juga asyik menikmati sensasi minuman olahan Jahe Merah Sumarja UPT Padangtarok SP.1 itu.

“Selamat Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-73. Silahkan singgah di STAND DISNAKERTRANS. Sambil Minum olahan Jahe Merah SUMARJA UPT. Padang Tarok SP.1,”tulis Sugeng Pamular di media sosial facebooknya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa kepada Jurnalsumbar.Com, Rabu (23/2/2022), via telepon selularnya mengakui olahan Jahe Merah Sumarja UPT Padangtarok SP.1 bagus.

“Minumannya enak, rasa jahe, bagus untuk kesehatan dan bisa meredahkan tenggorokan, dan sangat bagus ditengah pandemi,”ucap pemilik Citra Swalayan Grup itu.

Ditambahkan Riri, manfaat jahe merah digunakan sebagai obat untuk menambah stamina (tonikum) dan untuk menghilangkan nyeri otot. Jahe dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada nyeri otot.

Jahe merah memiliki aroma dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Sejumlah manfaat jahe merah adalah meningkatkan imunitas dan mencegah diabetes.

Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) termasuk dalam famili Zingiberaceae. Varian jahe ini dikenal dengan warna merahnya yang berbeda dengan jahe biasa. Jahe merah juga disebut jahe sunti.

“Jahe merah memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Jahe merah mengandung sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk obat,”ucap Ketua Dekranasda itu.

Ditambahkan Riri, Jahe merah mengandung asam alfa-linolenat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jahe merah juga membantu menjaga irama dan pemompaan jantung yang normal,”tambah pemerhati kesehatan itu.

“Anda penasaran? Yuk datang ke stand pameran Disnakertrans Sijunjung,”tambah Sugeng Pamular secara terpisah.

Kadis Kominfo Sijunjung, Rizal Efendi, SE, juga mengakui banyak manfaat jahe merah. “Jahe merah dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung capsaicin. Jahe merah juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan keinginan untuk makan,”kata mantan Sekretaris Dinas Koperindag UKM.Sijunjung itu juga menikmati sensasi jahe merah.

Hal serupa juga disebutkan Kadis Nakertrans Adlis, diwakili Sekretarisnya Sugeng Pamular, bahwa jahe merah mengandung asam klorogenat. Penelitian dalam “European Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa asam klorogenat (chlorogenic acids) dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi asam klorogenat melalui jahe merah dapat membantu mengurangi risiko hipertensi, aterosklerosis, dan gagal jantung.

“Manfaat jahe merah bisa untuk  mencegah diabetes didapat dari kandungan 6-gingerol yang berpotensi menurunkan kadar glukosa dalam darah, menurut jurnal “Cytotechnology.” Jahe merah berperan dalam penurunan produksi glukosa dan peningkatan sintesis glikogen,”tambah Sugeng lagi. ius