Di Era Digital, Dinas Kominfo Sijunjung Luncurkan Program “Sisutan Mudo” Hingga Nagari, Ini Penjelasannya

620

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Ternyata, memasuki tahun ke-enam sejak berdirinya Dinas Komunikasi dan Informatika setelah berpisah dari Dishubkominfo di akhir Tahun 2016 lalu, sampai saat ini terus konsisten dalam upaya peningkatan dan penyempurnaan komitmen dalam mewujudkan SPBE yakni dalam layanan admininistrasi pemerintah berbasis elektronik dan dalam layanan publik berbasis elektronik.

Setidaknya itu yang dilaksanakan Dinas Kominfo Sijunjung, Sumatera Barat, dibawa pimpinan Kadisnya, Rizal Efendi, SE.

Rizal Efendi Kadis Kominfo

Menurut Rizal Efendi yang didampingi Sekretaris Dinas Kominfo, Puji Basuki, Kabid Statistik dan Sandi, Doni Irwandi, Kabid Telnologi Informatika, Dini Rahmadani dan Kabid PIKP, Sri Rosiah Refandiani serta Kasi Tatakelola TI, Mega Asbud, menyebutkan pada tahun 2022 ini, Dinas Komifo akan segera meluncurkan produk inovasi terbaru, bernama Sistem Informasi Surat Pemerintahan Muda dan Otomatis yang disingkat dengan “ SISUTAN MUDO”.

“SISUTAN MUDO ini bukanlah aplikasi biasa, namun ini adalah aplikasi luar biasa”, ujar pria kelahiran Padang, 23 Maret 1963, anak pertama dari tujuh bersaudara pasangan dari Animar (ibu) Usman Nurdin (alm) itu kepada Jurnalsumbar.Com, Rabu (16/2/2022).

Saat Kadis Kominfo mengarahkan tugas yang dikerjakan Kasinya

“Aplikasi ini merupakan aplikasi layanan administrasi pemerintah sekaligus sebagai aplikasi layanan publik, biasanya aplikasi yang dibangun kita bedakan antara aplikasi untuk layanan administrasi pemerintah (biasanya untuk OPD) dengan untuk layanan publik (masyarakat) ,”tambah suami dari Ima Setiawati (Kepsek SMPN 28 Sijunjung-red) dan bapak tiga anak itu.

“SISUTAN MUDO adalah sistem penandatangan secara elektronik untuk seluruh persuratan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan akan merambah sampai ke layanan di Nagari, dimana nantinya seluruh layanan persuratan di Nagari seperti surat keterangan pembuatan KTP, surat keterangan pindah, dan surat keterangan lainnya akan kita keluarkan secara elektronik,” tambah mantan Almuni UMMY Solok (1992) dan Mantan Kasubdin Industri Koperindag 2001-2003, dan Kabid Koperasi 2004-2007), Kabag Tata Usaha Koperindag 2007-2008 itu.

“Tim telah berhasil melakukan pembaruan modul testing penarikan tandatangan elektronik antar server Kabupaten Sijunjung dengan server E-Sign BSrE (sistem Cloud) dan akan segera melakukan uji kelayakan sistem di tanggal 24 Februari nanti dengan BSrE,” terang mantan Sekretaris Dishub dan Kabag Adm Perekonomian Setda dan mantan Plt Direktur Perusda itu.

Disebutkannya, ada 15 aplikasi Pemerintah Daerah yang telah dibangun Dinas Kominfo termasuk SISUTAN MUDO diantaranya ; SIMPEG, E-Absensi, E-LHK, E-TPP, E-SPPD, E-PPID, E-PLanning, E-Musrenbang, SIMERP, SIDILAN, E-JDIH, SIMPUS, SIWASDA, dan PORTAL SIJUNJUNG.

Para pimpinan Dinas Kominfo selalu bersinergi dan kompak

“Ini belum kita masukkan untuk kategori Website, untuk Website OPD yang aktif total sampai saat ini ada 8 Website”. Semua ini tidak terlepas dari dukungan seluruh jajaran di Dinas Kominfo, mulai dari Sekretaris Puji Basuki, SP, MMA, Kepala Bidang PIKP Ir.Sri Rosia Revandiani, Kepala Bidang TI Dini Rahmawati, ST, MM, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Doni Mirawandi, S.Pd, M.Si dan seluruh staf,”papar mantan Sekretaris Koperindag itu.

“Aplikasi ini kita bangun secara mandiri, kita punya programer sekaligus sub koordinator Pengembangan Aplikasi, Fitriadi, S.Kom, M.CIO yang bertugas membangun dan mengembangkan aplikasi bekerjasama dengan sub koordinator tata kelola TI, Mega Asbut, SE, M.I.Kom dalam mensosialisasikan dan sekaligus menata keberlangsungan aplikasi yang telah kita bangun, termasuk dukungan seluruh seksi-seksi yang ada di tiap bidang di Dinas Kominfo,” tutup Rizal. mgb/ius