Dihadiri Mendagri dan Wagub Sumbar, Sidang Istimewa DPRD Sijunjung di HJK ke-73 Sukses

280

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Beda dengan tahun-tahun sebelummya. Sidang Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada puncak hari jadi kabuparen (HJK) ke-73 sukses.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irawan didampingi Wakil Ketua Syofyan Hendri dan para anggota legislator pada Jumat (18/2/2022) barokah itu benar-benar sukses.

Betapa tidak, dalam sidang istimewa tersebut dihadiri para pejabat negara, provinsi, para kepala daerah juga hadir. Meski lewat siaran virtual Mendagri Tito Karnavian juga hadir.

Mendagri Bangga dengan Sijunjung dan Sumatera Barat, Ini Kata Tito Karnavian di HUT ke-73

Acara hari itu diawali pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Dasrizal yang merupakan Qori Internasional asal Nagari Padang Laweh dan sehari-hari juga salah seorang staff pengajar di UIN Syarif Hidayatullah-Jakarta, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Syukri Rahmad seorang lulusan Timur Tengah asal Nagari Padang Sibusuk yang juga merupakan Ketua MUI Kabupaten Sijunjung.

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan melalui kesempatan itu juga mengajak hadirin tamu dan undangan untuk mengirimkan hadiah Al-Fatihah kepada almarhum H. Bakri Dt. Majo Indo salah seorang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung yang berpulang ke Rahmatullah beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan itu juga dilkukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Bupati Sijunjung dengan Rektor UNP mengenai pengembangan Fakultas Agribisnis UNP di Kabupaten Sijunjung.

Sah, UNP MoU dengan Pemkab Sijunjung di HUT ke-73

 

“Fakultas Agribisnis ini juga akan dibina nantinya bersama IPB,” ucap Rektor UNP Ganefri dalam sambutannya. “Disamping Fakultas Agribisnis nantinya kita juga akan kembangkan Pendidikan PAUD,”tambah Rektor UNP.

Tokoh Masyarakat Kabupaten Sijunjung Adrizal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNP yang telah melebarkan sayapnya di Sijunjung dan marilah kita bersama-sama membangun Sijunjung, apalagi kalau diingat, dulunya Sijunjung merupakan sentra populasi kerbau, dadiah yang diolah dari susu kerbau dihidangkan bersama gulai kambing saat baralek,”ucap tokoh masyarakat asal Nagari Muaro Bodi itu.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengatakan “Pembangunan daerah di semua bidang membutuhkan kekuatan semua elemen masyarakat, untuk itu marilah kita bersatu membangun Sijunjung,”harapnya.

Di HUT ke-73, Ini yang Disampaikan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir

 

“Ditengah situasi pandemi ini, realisasi vaksinasi dosis pertama telah mencapai 86,7 % sementara untuk vaksinasi anak telah mencapai 39,3 % dalam rangka menuju herd immunity,”sebut bupati.

“Ombusmand perwakilan Sumatera Barat juga telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Sijunjung sebagai peringkat 5 atas capaian kepatuhan pelayanan publik, kemudian kita juga telah melakukan rehab 30 jaringan irigasi, serta pengembangan varietas unggul Lampai Sirandah, penyediaan Alsintan menuju NTP (Nilai Tambah Petani), digitalisasi UMKM, 59 nagari bebas sinyal, pengembangan Geopark Silokek, perbaikan infrastruktur, perbaikan kualitas dan angka harapan hidup, pembangunan RSUD di Kamang Baru, peningkatan SDM melalui UNP, SMK D2 dan BKK untuk siswa SMA/K, disahkannya nagari definitif Padang Laweh Selatan (sehingga saat ini sudah 61 nagari + 1 desa) serta 9 nagari mandiri, termasuk 5 kali berturut-turut opini WTP dari BPK-RI, dan terakhir Delfit Swandri dari Nagari Muaro sebagai Pemuda Pelopor telah menginspirasi kita bersama,” sebut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang juga merupakan salah satu dari 9 pemimpin millenial.

Wagub; Sijunjung dari Berkembang jadi Maju, Bakal Jadi Pusat Perekonomian Baru Sumatera Barat

“Hari ini ekonomi mengalami kontraksi, namun kita harus berinovasi melalui karya nyata,” kata Wagub Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng, Datuak Rajo Pasisia Alam, mengatakan dalam sambutannya.

“Waktunya bergerak cepat, dalam membangun daerah bersama seluruh lapisan masyarakat, dan kita akan terus mendampingi,” tambah Wakil Gubernur Sumbar yang juga pemimpin millenial itu.

“Dengan dibangunnya jalan tol Dharmasraya menuju Rengat di Propinsi Riau pasti berpengaruh nantinya terhadap Kabupaten Sijunjung, untuk itu kita harus jeli memanfaatkan peluang, Selamat ulang tahun Kabupaten Sijunjung ke-73 tahun 2022, semoga Allah meridhai langkah kita,” tambah Wagub lagi.

HJK Sijunjung ke-73 tersebut dihadiri oleh Staff Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Apartur dan Pelayanan Publik La Ode Ahmad Balombo, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Anggota DPR RI Guspardi Gaus, Wagub Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng, Datuak Rajo Pasisia Alam, Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya-red), Anggota DPRD Propinsi Sumbar Daswanto, Rektor UNP Ganefri, Rektor ISI Novesar Jamarun, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, serta Ketua DPRD Bambang Surya Irwan bersama seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung.

Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung dalam rangka HJK Sijunjung ke-73 ini turut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Sumbar dan Bupati Kuantan Singingi-Riau, Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN/D, pimpinan organisasi, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Camat, Wali Nagari, tokoh masyarakat, dan juga dihadiri oleh mantan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Mantan Wakil Bupati Sijunjung Hasan Zaini dan Muchlis Anwar, Pejuang/Perintis/Pendiri Kabupaten dan ahli waris serta mantan Ketua DPRD Rayendra Rasyid, dan Mukhlis R. Ketua TP PKK, Riri Benny Dwifa dan Ketua GOW Dona Iraddatillah beserta pengurus lainnya juga menyaksikan secara langsung kegiatan tersebut.

Doni Kabag Humas DPRD Sijunjung

Sekretaris DPRD Sijunjung, EM Yasri,SE diwakili Kabag Humas Sekretariat DPRD Sijunjung, Doni Novrizon,SH,MM, mengaku bangga atas suksesnya kegiatan.tersebut.

“Alhamdulillah, sidang istimewa DPRD di HJK ke-73 tahun 2022 ini berjalan sukses. Ini memang luar biasa dihadiri tamu-tamu penting dan ini berkad semua unsur di Pemkab Sijunjung,”ucap Adek begitu sapaan akrab Doni Novrizon,SH,MM. ius