Gunakan Lima Unit Kenderaan R4, 31 Relawan asal Sijunjung Bertolak Menuju Pasbar, Ini Kata Bupati Benny

348

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 31 relawan dari berbagai unsur asal Kabupaten Sijunjung, Sabtu (26/2/2022) bertolak menuju lokasi gempa di Pasaman Barat.

Ke-31 relawan itu berangkat dari halaman kantor bupati Sijunjung dengan menggunakan kenderaan roda empat (R4). Mereka dilepas secara resmi oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir.

“Tujuan kita adalah baik, semoga tugas kita ini diberkahi Allah, kita membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Pasaman Barat, jagalah selalu nama baik daerah dan tetap semangat serta jaga imun tubuh dan tetappatuhi protokol kesehatan,” ucap Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menyampaikan arahan saat memberangkatkan tim Sijunjung Peduli Bencana Pasaman Barat.

Pelepasan tim Sijunjung Peduli Bencana Pasaman Barat ini dihadiri oleh Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Henry Chaniago, SSTP, M.Si, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yofritas, ST, serta Ketua BAZNAS Hidayatullah, Lc, MA.

Dalam laporannya, Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Henry Chaniago, SSTP, M.Si mengatakan bahwa tim yang diberangkatkan itu, terdiri dari BPBD, TAGANA (Taruna Siaga Bencana), Pramuka Peduli, serta PMI (Palang Merah Indonesia) dengan total personil sebanyak 31 orang dengan 5 unit kendaran roda empat dan nantinya bergabung dibawah posko Pasaman Barat.

Disebutkannya, pada tahap awal, tim juga membawa bantuan kemanusiaan dari Dinsos PPA, terdiri dari makanan siap saji, selimut, tenda, roti, dengan peralatan dari BPBD chain saw, tenda pengungsi, pompa portable.

Bantuan lainnya berupa bantuan logistik dari PMI terdiri dari 4 unit tenda, 10 lembar terpal, 4 unit family bed, 20 helai sarung, 10 kardus mie instan, 20 kardus mineral, dan telor ayam.

Tak hanya itu, bantuan kemanusiaan lainnya direncanakan juga akan diberangkatkan besok (minggu-red) bersamaan dengan keberangkatan Bupati Sijunjung menuju lokasi bencana gempa di Pasaman Barat.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR diiringi gempa susulan berulang kali di Pasaman Barat yang terjadi pada Jumat (25/2/2022-red) telah membawa duka mendalam terhadap masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat serta sebagian wilayah di Kabupaten 50 Kota dan sebagian wilayah di Kabupaten Agam. Gempa juga dirasakan di wilayah Sumatera Barat lainnya, sebagian Propinsi Riau, bahkan terasa hingga Kuala Lumpur-Malaysia.andri/riski/*