Pengurus SoIna dan NPC Kabupaten Sijunjung Dikukuhkan, Ini Harapan Ny.Riri Benny Dwifa

157

JURNAL SUMBAR | Sijunjung –  Kepengurusan Soina (Special Olympics Indonesia) Kabupaten Sijunjung resmi dikukuhkan. Pelantikan pengurus Soina dilakukan langsung oleh Ketua Soina Provinsi Sumbar Hj Harnelly Mahyeldi, Kamis (24/02/22) di Rumah Dinas Bupati Sijunjung.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus National Paralympic Comitee (NPC) Kabupaten Sijunjung, yang dikukuhkan oleh Ketua NPC Provinsi Sumbar Erizal Eries SH.

Dalam sambutannya, Ketua Soina Provinsi Sumbar Hj.Harnelly Mahyeldi mengharapkan atlet berkebutuhan khusus yang ada di Kabupaten Sijunung dibawah binaan Soina Sijunjung  bisa mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung sekaligus Provinsi Sumatera Barata di kancah Nasional.

“Apalagi Atlet Soina Kabupaten Sijunjung di Peparnas Papua kemarin berhasil menyumbang tiga medali, yakni dua perak dan satu perunggu dari lima medali yang diperoleh kontingen Sumbar. Ini merupakan capaian yang luar biasa, ” ujarnya.

Menurutnya, untuk itu perlunya dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga dan pihak terkait lainnya, baik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memfasilitasi dalam bentuk sarana dan prasarana untuk menunjang Soina mengembangkan bakat anak-anak penyandang disabilitas ini sehingga dapat berkarya.

“Mari kita berikan dukungan dan ruang kepada Para atlet penyandang disabilitas  untuk berkreasi dan  menorehkan prestasi dibidang olah-raga maupun bidang lainnya, sehingga  mampu membawa harum nama daerah di ajang provinsi, nasional hingga international”, katanya.

Ketua Soina Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny Dwifa mengatakan bahwa dengan dikukuhkannya kepengurusan Soina dan NPC Kabupaten Sijunjung merupakan langkah bagus kedepannya. Sehingga nanti adanya Soina dapat mengandeng penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita, untuk bisa diterima dan dihargai masyarakat melalui prestasi olahraga dan lainnya, ” tuturnya.

Riri juga menyampaikan bahwa atlet Soina Kabupaten Sijunjung saat ini telah banyak menorehkan prestasi, baik dikancah Provinsi dan Nasional serta Kabupaten Sijunjung menjadi juara Umum pada PEPARDA kemarin.

“Insha Alloh, kedepannya kita akan terus tingkatkan prestasi para atlet penyandang Disabilitas kita baik dibidang olah-raga maupun bidang lainnya, dimana kekurangan bisa menjadi kelebihan bagi mereka. Kita juga meminta semua pihak terutama bagi dinas terkait baik itu Disparpora, Diskes, Dinas Sosial untuk terus mendukung Pengcab Soina dan NPC Kabupaten Sijunjung dalam pengembangan potensi atlet penyandang Disabilitas di Kabupaten Sijunjung, ” jelasnya.

Pihaknya juga memohon kepada pengurus Soina dan NPC Kabupaten Sijunjung yang baru dilantik untuk tingkatkan koordinasi antara pengurus Soina dan NPC dengan semua unsur terutama dinas terkait.

“Bagi dinas terkait tolong Soina dan NPC Sijunjung diperhatikan dengan baik agar atlet-atlet Disabilitas kita bisa melahirkan bibit yang berprestasi dan bisa mengharumkan Kabupaten Sijunjung, ” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua GOW Sijunjung Ny. Dona Iraddatillah, Ketua DPRD Bambang Surya Irwan, Kadisparpora Afrineldi, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, KONI serta para pengurus Pengcab Soina serta NPC Kabupaten Sijunjung. andri