Hadiri Berkaul Adat di Nagari Lalan, Ini yang Disampaikan Bupati Sijunjung

440

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Nagari lalan mempunyai Alam dan Budaya yang bisa menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat Nagari Lalan ini.

Seperti rafting (arung jeram) serta babenen – benen dan berkaul adat yang ada di Nagari Lalan ini bisa jadi agenda wisata tahunan Geopark Silokek ungkap Bupati Benny dalam sambutannya.

Kegiatan berkaul adat Nagari Lalan itu dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Nagari Lalan pada hari Senin (14/2/2022).

Dengan merek atau yang kita kemas dengan “Geopark Silokek” menjadi kekuatan bagi kemajuan Kabupaten Sijunjung.

Bupati Benny mengajak Muda – Mudi Nagari Lalan bisa melestarikan dan mengembangkan alam dan tradisi kita ini, lalu didokumentasikan dan dikemas sekreatif mungkin, agar orang luar tahu Nagari Lalan dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati Benny juga menyampaikan, kita juga fokus kepada sektor pertanian yang merupakan jadi program unggulan dan primadona. Pemerintah daerah juga sangat mendukung masyarakat untuk pertanian.

Martonis selaku Walinagari Lalan menyampaikan berkaul adat “Bakawuo Adat” merupakan tradisi dari turun – temurun yang dimana setelah panen padi selesai.

Berkaul adat Nagari Lalan merupakan wujud rasa syukur dari nikmat dan rezki yang diberikan Allah SWT dan ciri khas berkaul adat di Nagari Lalan ini ada Lemang Tabuang yang dibuat oleh masyarakat Lalan.

Rusmaldi selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan ini sudah berlangsung dari kemaren yang dimana diawali dengan malam bajago – jago, jamuan pada hari ini dan nanti malam dilaksanakan makan malam bersama juga niniak mamak, panitia dan unsur masyarakat.

“Tujuan berkaul adat ini ialah rasa syukur kita kepada Allah SWT atas hasil panen yang telah diberikan kepada kita, baik hasil panen padi maupun hasil lainnya,”ungkap Rusmaldi.

Turut hadir Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt , Kajari Efendri Eka Saputra, SH, MH, Anggota DPRD Sijunjung , Kadis Pertanian Ir. Ronaldi, dan perangkat daerah lainnya, Camat Lubuk Tarok Julharya Adrika, Forkopimcam, Ketua Kan, niniak mamak, bundo kanduang serta cadiak pandai, dan tamu undangan lainnya. darwen