11 Nagari Raih Penghargaan Desa Wisata dari Kemenparekraf, Ini Kata Bupati Sijunjung

698

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 11 nagari di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan anugerah desa/nagari wisata tahun 2021 dan sosialisasi Jaringan Desa Wisata tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Untuk itu, pada Jum’at (4/3/2022) Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, menyerahkan penghargaan anugerah desa/nagari wisata tahun 2021 dan sosialisasi Jaringan Desa Wisata tahun 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung , pada 11 nagari itu.

”Saat ini saya sangat bangga dengan adanya 11 Nagari yang menerima piagam penghargaan anugerah desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui Dinas Parpora kabupaten Sijunjung,” ucap Bupati Benny.

“Dengan telah diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata 2021 ini, saya berharap selanjutnya nagari-nagari yang menjadi binaan Kemenparekraf ini bisa mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata melalui program-program atau ikon-ikon wisatanya, gali lagi dan tingkatkan lagi potensi wisata kita,mudah-mudahan bisa membangkitkan potensi wisata serta bisa membangkitkqn ekonomi yang ada dikabupaten sijunjung ini” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir mengatakan dengan telah ditetapkannya nagari-nagari itu sebagai kawasan pengembangan desa wisata, diharapkan dapat menjadi tonggak berikutnya dalam menggali potensi kepariwisataan yang ada di daerah itu serta mendukung penuh bersama dengan pihak terkait untuk mensupport nagari – nagari memanjukan sektor pariwisata didaerahnya.

Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi, SH mengatakan dengan telah diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata dari Kemenparekraf, Dinas Parpora akan terus berupaya lebih maksimal lagi untuk mewujudkan nagari ekonomi mandiri di sektor pariwisata.

”Alhamdulillah dengan telah diterimanya piagam penghargaan anugerah desa wisata oleh 11 nagari ini bisa menjadi pilot projects dan menjadikan nagari-nagari lain untuk turut serta di tahun 2022 ini,serta akan di usulkan beberapa nagari dan Desa yang ada disijunjung untuk ikut Jaringan Desa Wisata Indonesia,” ucap Kadis Parpora.

Afrineldi menambahkan, tidak hanya nagari yang memiliki ikon wisata alam saja yang bisa ikut, menurut saya wisata bisa diciptakan melalui ide-ide kreatif memanfaatkan lokasi dan lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

“Ada 11 Nagari wisata kita yang ikut tahun 2021 lalu, dimana pesertanya hampir mencapai 2.000 desa di seluruh Indonesia. Itu diapresiasi dan diberikan penghargaan oleh Kemenparekraf RI,” ujarnya.

Dalam ajang bertaraf nasional tersebut kata Afrineldi, ada 2 nagari yang  berhasil masuk di posisi 300 besar antara lain Nagari Silokek dan Nagari Sisawah.

11 Nagari wisata di Kabupaten Sijunjung binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menerima piagam penghargaan Anugerah Desa Wisata 2021 itu antara lain, Nagari Silokek, Durian Gadang, Muaro, Sijunjung, Aie Angek, Latang, Kandang Baru, Batu Manjulur, Tanjuang Labiah, Sisawah, Sumpur Kudus.

Menurutnya, pemerintah daerah bersama pihak terkait di berbagai tingkatan terus berupaya mempersiapkan Kabupaten Sijunjung tak hanya sekadar daerah perlintasan namun bisa berkembang menjadi daerah tujuan, salah satunya adalah dengan mengembangkan daerah itu menjadi kawasan destinasi wisata.

Selain melengkapi sarana prasarana infrastruktur pendukung, pihaknya juga akan memberdayakan seluruh dinas teknis serta menjalin kemitraan yang baik antara pemerintah, pelaku usaha kepariwisataan, perajin, penggiat serta pihak terkait lainnya.

Dalam kegiatan itu Bupati Benny didampingi oleh Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi, SH,Kadis DPMN Khamsiardi, Kadis Kominfo Rizal Effendi serta para Walinagari penerima penghargaan desa wisata 2021 serta tamu undangan lainnya.dikco
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here