Bersiap Menuju UNESCO Global Geopark, Bupati Sijunjung Belajar ke Celetuh Palabuhanratu Sukabumi

254

JURNAL SUMBAR | Sukabumi – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP,M.Si beserta sejumlah stakeholder terkait melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat.

Bupati Benny dan rombongan diterima Wakil Bupati Sukabumi, Jawa Barat, H. Iyos Soemantri. Kunjungan kerja Badan Pengelola Geopark Nasional Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, itu disambut di Pendopo Pelabuhanratu, pada Rabu (13/4/2022).

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, mengatakan, kunjungan kerja ke Pelabuhanratu itu, bertujuan membangun kerjasama untuk persiapan Geopark Silokek Sijunjung menuju UNESCO Global Geopark.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir

“Hari ini kami datang lengkap dengan jajaran stakeholder untuk membangun komitmen Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mungkin ini di Sumatera Barat yang pertama kali yang ingin belajar banyak ke Celetuh Palabuhanratu, terkait bagaimana persiapan untuk menuju UNESCO Global Geopark,”jelas Ketua DPD 1 Partai Golkar Sijunjung itu.

Menurut alumni STPDN itu, menuju UNESCO Global Geopark tidak mudah, sehingga perlu adanya keseriusan dalam mematangkan persiapan. Karena itu pihaknya belajar kepada Kabupaten Sukabumi yang telah berhasil ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark.. Kunjungan kerja Bupati Sijunjung tersebut juga diliput Kami TV, Berikut rilisnya yang disadur Jurnalsumbar.Com.

 

“Tentu dari segi administrasi dan kesiapan disini, apa saja yang telah dilakukan Kabupaten Sukabumi sehingga bisa menuju Global Geopark,”ucap Benny.

Orang pertama di Ranah Lansek Manih itu berharap, Mudah-mudahan dengan kunjungannya ke Ciletuh Pelabuhanratu bisa menjadi kekuatan bagi BP Geopark Silokek dan mendapat pengalaman berharga yang bisa dibawa Provinsi Sumatera Barat khususnya Kabupaten Sijunjung.

Wabup Sukabumi, H. Iyos Soemantri mengatakan, kerjasama antara Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan Geopark Silokek kerjasama strategis dan visioner menyangkut pemberdayaan dan masa depan geopark.

Wabup Sukabumi, H. Iyos Soemantri

“Kita berharap mitra kami Geopark Silokek segera bisa menjadi UNESCO Global Geopark dan Kedepan kita akan menjadi mitra kerjasama antara Geopark to Geopark,”harap H. Iyos Soemantri.

Diakhir kegiatan kedua belahpihak dilakukan penandatangan Badan Pengelolaan Silokek tentang Pembangunan dan Pengembangan Geopark serta dilanjutkan penyerahan Cendramata dari Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir. ius