Perhatikan Kemajuan Organisasi Guru, Dinas Pendidikan Dapat Apresiasi dari PGRI Kota Padang

104

JURNAL SUMBAR | Padang – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Padang mengapresiasi Dinas Pendidikan Kota Padang yang mendorong penguatan organisasi profesi yang beranggotakan guru itu yakni konsolidasi organisasi PGRI Kota Padang lebih solid dan lebih kuat dimasa mendatang.

“PGRI Kota Padang saat ini sangat mengapresiasi Pemkot Padang karena melalui Kabid Dikdas Maidison SPd karena secara nyata telah berkomitmen untuk menggandeng PGRI Kota Padang untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Ketua PGRI Kota Padang, Drs Sornelis saat berbuka bersama pengurus PGRI tersebut di Hotel Kriyad Bumi Minang, Kamis (21/4/2022).

Menurut Sornelis, Kota Padang ini perlu mencontoh upaya yang telah dilaksanakan daerah lain, dimana organisasi yang menaungi para guru yang biasa disebut PGRI sebagai mitra pemerintah mendapat dukungan dari berbagai pihak.

“Bagaimana meningkatkan mutu dan kemampuan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan serta mendorong terwujudnya pertanggungjawaban publik profesi guru dalam melayani kebutuhan masyarakat, jika PGRI Kota Padang tidak mendapat sokongan, baik dari Pemkot Padang sendiri maupun anggotanya,” jelasnya.

Selain itu, PGRI Kota Padang tengah mendorong konsolidasi PGRI tingkat Kecamatan yang masih bermasalah dalam konsolidasi kepengurusannya, seperti Kecamatan Padang Timur, Padang Barat dan Kecamatan Padang Selatan yang belum terbentuk kepengurusannya.

“Kami sudah tegaskan konsolidasi 5 kepengurusan PGRI Kecamatan untuk disegerakan,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Meidison SPd mengatakan, sudah tidak saatnya lagi kontribusi anggota PGRI Kota Padang hanya Rp6000 perbulan. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan Kota Padang merekomendasikan iurang anggota PGRI Kota Padang ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dimasa mendatang.

“Pada prinsipnya kami siap menyokong kemajuan PGRI Kota Padang, tentu dengan adanya dukungan dana dari anggotanya. Di daerah lain minimal iuran anggota PGRI sudah Rp20.000 perbulan, masa Kota Padang masih Rp6000, bagaimana organisasi PGRI Kota Padang menjalankan organisasinya,” ujar Maidison.

Meidison mengakui, langkah Dinas Pendidikan Kota Padang untuk PGRI selama ini masih kurang memberikan dukungan, kedepan ia berjanji memberikan dukungan penuh untuk kemajuan PGRI Kota Padang.

Dalam acara berbuka bersama itu tampak hadir Sekretaris PGRI Kota Padang, Firdaus SPd, MM, Wakil Ketua, Mursid dan Ketua LKBH PGRI Kota Padang, Agus Suherman, SPd dan jajaran pengurus lainnya.agusmardi