2022, Sinyal HP Merambah Hingga ke Jorong-jorong, BTS 5G Segera Dibangun di Tujuh Nagari di Sijunjung

315

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tekad dan upaya Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, membangun base transceiver station (BTS) sinyal handphone (HP) di seluruh daerah di daerah itu hingga merambah ke jorong-jorong dan patut diapresiasi.

Plt Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP, membenarkan hal tersebut pada Jurnalsumbar.Com, Senin (13/6/2022).

Menurut David, masih ada tujuh daerah yang akan dibangun BTS. Diantaranya, Kunangan, Lubuk Kapiyek, Padangtarok Transmigrasi, Langki, Solokamba, Kabun, Banjartangah dan Timpeh VII.

“Semua sudah diusulkan bupati dan hari ini (Senin,13/6/2022) GM Telkomsel akan datang ke Sijunjung,”ucap mantan Kakansospol itu.

Ditambahkan David, dengan dibangunnya BTS itu, digital telkomsel akan dirasakan masyarakat. “Tak ada yang tak ada sinyal di jorong-jorong dan kualitas siny yang lemah akan kita tingkatkan,”terang mantan camat Kamangbaru itu.

Bahkan kata David, sejak dua tahun terakhir ini, Pemkab Sijunjung telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Telkomsel Smart City. “Hal itu sudah berjalan dengan baik,”tambah David.

“BTS 5G yang digunakan Telkomsel dengan frekuensi 2,3 GHz bisa mencapai jarak hingga 10 Km. Cakupan layanan satu BTS 5G Telkomsel di pita 2,3GHz bisa mencapai 5 km – 10 km, tergantung tenaga atau power yang digunakan”.

Hanya saja, kata Ian, makin luas cakupannya maka makin padat lalu lintas datanya. Agar tidak terlalu berat dan kualitas layanan tetap terjaga, maka biasanya di daerah residensial jarak antar base transceiver station (BTS) disusun berdekatan,”papar David.

Lebih lanjut disebutkan David, BTS merupakan salahsatu infrastruktur telekomunikasi dengan memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator.*