Bedah Kinerja Bank Syariah, Edi Suandi Doktor Pertama Ilmu Manajemen Unand

362

JURNAL SUMBAR | Padang – Kamis, 25 Agustus 2022, Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Andalas (Unand) melahirkan Doktor pertamanya, yaitu atas nama Edi Suandi. Edi Suandi menyelesaikan studi S3-nya tergolong cepat, lebih kurang 3,5 tahun.

Tema yang diangkat Edi Suandi dalam disertasinya adalah, tentang pengaruh peran etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan dan pemasaran konvergensi terhadap keunggulan bersaing dan dampaknya bagi kinerja bank syariah di Indonesia dengan moderasi kepemimpinan yang waspada dan literasi digital organisasional. Dalam menyusun desertasi ini, Edi Suandi dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. Herri, SE, M.BA, dan Co Promotor Dr. Yulihasri, SE, M.BA dan Dr. Syafrizal, SE, ME.

Beranjak dari ke prihatinan Edi Suandi terhadap fenomena bank syariah di Indonesia yang teridentifikasi bermain aman dengan mengutamakan akad mudharabah (jual beli), atau bermain di sector ritel, ketimbang akad-akad lain yang dapat dikelolanya, seperti perbankan syariah di Malaysia dan Timur Tengah yang bermain di sektor investasi.

“Setelah lebih kurang 20 tahun beroperasi, berbagai ukuran penilaian kinerja industri perbankan seperti CAR, ROA, BOPO, LDR, NIM, NPL, bank syariah selalu lebih rendah di bawah bank konvensional, data Kementerian PPN/Bappenas, 2018,” ujarnya. “Selama itu pula, pangsa pasar bank syariah tidak bergeser dari kisaran 9 persen, walaupun telah dilakukan berbagai kebijakan yang suportif dari Pemerintah, dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan bunga bank (riba), tapi faktanya masih rendahnya keunggulan bersaing bank syariah dalam menguasai pasar Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam,” tegasnya.

Namun, katanya, sejauh ini strategi-strategi pemasaran yang tepat dari sektor ini, masih sedikit sekali dieksplorasi. Penerapan strategi yang tepat menjadi faktor kunci bagi kesuksesan dalam bersaing dan memperoleh kinerja yang superior. Etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi, adalah strategi-strategi yang berpotensi membantu pengembangan keunggulan bersaing dan kesuksesan perbankan syariah.

Dikatakan Edi Suandi, penelitian ini bertujuan menguji sebuah kerangka hubungan antara strategi, keunggulan bersaing, dan kinerja perbankan syariah di Indonesia. “Penelitian ini diarahkan pada 204 cabang dari 10 bank syariah yang tersebar di 21 provinsi di bagian barat Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan, hipotesis diuji menggunakan analisis model struktural dengan pendekatan partial least square (PLS). Hasilnya menunjukkan kalau etika pemasaran Islam dan pemasaran konvergensi berpengaruh signifikan pada pada keunggulan bersaing, tetapi tidak berpengaruh signifikan pada kinerja bank syariah.

Selanjutnya, pemasaran kewirausahaan berpengaruh signifikan baik pada keunggulan bersaing maupun pada kinerja. Keunggulan bersaing memediasi pengaruh variabel-variabel strategi terhadap kinerja. Diantara variabel kontrol, hanya kepemilikan pemerintah yang berpengaruh signifikan pada kinerja. Kepemimpinan yang waspada tidak memoderasi hubungan pemasaran kewirausahaan dengan kinerja, begitu pula literasi digital organisasi, tidak memoderasi hubungan pemasaran konvergensi dengan kinerja bank.

“Pengembangan etika pemasaran Islam, pemasaran kewirausahaan, dan pemasaran konvergensi akan berkontribusi pada keunggulan bersaing dan kinerja bank syariah, yang menjadi kunci bagi pertumbuhan perbankan syariah yang sukses di masa depan,” tegas Edi Suandi.

Hebatnya, selama menyelesaikan S3-nya, Edi Suandi mampu menghasilkan empat publikasi ilmiah, yaitu dua di Jurnal Internasional terindex Scupus Q2 dan 2 (dua) di Jurnal Nasional terindex Sinta 3. Adapun judul publikasi ilmiah-nya adalah:
1. An empirical investigation of Islamic marketing ethics and convergence marketing as key factors in the improvement of Islamic banks performance di jurnal Journal of Islamic Marketing Terindex Scopus Q2 dengan publisher www.emerald.com
2. Evaluating the relationship between entrepreneurial marketing, competitive advantage, and Islamic banks performance Journal of Financial Services Marketing, Terindexs Scopus Q2 dengan publisher www.springer.com
3. Ethical, Innovative, And Moble: Sharia Banks And Factors Affecting Ist Competitive Advantage di jurnal Jurnal Ipteks Terapan dengan publisher www.publikasi.lldikti10.id
4. Relationship Between Blue Ocean Strategy, Customer, And Islamic Bank Performance di jurnal Jurnal Ipteks Terapan dengan publisher www.publikasi.lldikti10.id

Dalam ujian Doktor tersebut, Edi Suandi juga diuji oleh penguji eksternal, Prof. Dr. Mohamad Bin Ismail dari Universitas Malaysia Kelantan. Sedangkan penguji internal terdiri dari Prof. Dr. Syukri Lukman, SE, MS, Prof. Ratni Prima Lita, SE, M.Si, Dr. Efa Yonedi, SE, MPPM, Akt, CA, GRP ( Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas), Dr. Rida Rahim, SE, ME (Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas) dan Dr. Harif Amali Rivai, SE, M.Si.

Sekarang Edi Suandi aktif sebagai dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Baiturrahmah Padang, dan juga diamanahkan oleh Gubernur Sumbar sebagai Ketua Harian Lembaga Koordisi Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumatera Barat. Edi Suandi berasal dari Kampung Labuah Gajah, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. (Rel/NY)