David Rinaldo, dari Camat hingga Kakan Kesbangpol “Dinobatkan” Jadi Kepala Dinas Kominfo Termuda

518

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP memiliki cerita panjang hingga bisa sampai di titiknya sekarang ini. Lengkapnya, simak kisahnya.

David Rinaldo, memiliki cerita panjang dalam karirnya. Di balik setiap pencapaian yang didapatkan David, doa dari kedua orang tua dan dukungan istri serta anak-anaknya, menjadi modal berharga baginya. Apalagi sang ibu selalu mendoakannya lewat puasa Senin-Kamis.

Kadis Kominfo Sijunjung, David Ronaldo, S. STP,

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Apa yang diraih David saat ini tidak hadir dengan begitu saja. Melainkan ada cerita panjang dan berkelok-kelok yang telah ia lewati.

Pengalaman telah menjadi guru terbaik yang mengajarkan banyak hal pada David hingga pada akhirnya ia mendapatkan amanah sebagai Kepala Kepala Dinas Kominfo yang dilantik Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP M.SI bersamaan dengan 79 pejabat lainnya pada Kamis (25/8/2022) di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati di Muaro Sijunjung.

Sebelum menjadi orang nomor satu menggawangi para awak media di Sijunjung, David sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo sekaligus Plt Kadis Kominfo.

Tak beberapa lama kemudian, ia ikut seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) di lingkungan Dinas Kominfo dan ia dinyatakan masuk nominasi tiga besar. Goddess of fortune pun berpihak padanya. Pada Kamis, (25/8/2022) ia Dinobatkan sebagai Kadis Kominfo Kabupaten Sijunjung.

David merupakan anak pertama dari tiga bersaudara buah pasangan dari Syamsul Asni,S.ST (papa) dan Rosmalidar, A.Md (mama) pensiunan ASN.

Dilahirkan di Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, pada 28 September 1985 silam, ternyata punya cita-cita ingin menjadi presiden. Memiliki prinsip dan bermotto; berusaha, berdoa dan tawakal. “InsyaAllah usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,”ucap suami dari Ns.Riry Martha,S.Kep ini.

Dari hasil pernikahannya dengan wanita idamannya pada 5 Agustus 2010 lalu itu, David dikurnia tiga orang anak. Mereka adalah; Habib Asshadiq, Hanifah Azzahra dan Aqeel Arrafif.

Perdana, Plt Kadis Kominfo Coffee Morning  dengan Wartawan Sijunjung, Ini yang Dibahas

Pendidikan yang dilalui pria yang dekat dengan pers ini, berawal dari SDN 3 Tanjung (1991-1997) dan kemudian melanjutkan pendidikan ke bangku SMPN 1 Tanjung Ampalu (1997-2000). Setelah itu, David melanjutkan pendidikan ke SMUN 1 Sijunjung (2000-2003). Semasa sekolah, David terbilang anak yang pintar dan cerdas yang selalu hormat pada orangtua.

Selaku anak tertua, David bertekad bisa berbakti pada kedua orangtuanya. Setelah tamat dari SMUN 1 Sijunjung, makanya David kemudian meneruskan pendidikan ke STPDN angkatan XV (2003-2007).

Setamat dari STPDN, David ditugaskan dan dinas sebagai staf Kecamatan Kupitan sejak 2007. Karena merasa sudah mapan, pada 5 Agustus 2010 silam, David Rinaldo mempersunting wanita cantik yang menjadi idamannya bernama Ns.Riry Martha,S.Kep.

Di tahun 2010, hingga 2012, David diangkat sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Kupitan.

David bersama Keluarga

Setelah itu, bapak tiga anak tersebut dipercaya sebagai Kasubag Perencanaan Keuangan Kecamatan Kupitan (2012-2013).

Pada tahun 2013, David pun dimutasi ke Kecamatan IV Nagari sebagai Kasi Pemerintahan. Dua tahun bertugas di IV Nagari, David pun kembali terhimbas mutasi dengan jabatan yang sama di Kecamatan Kamangbaru selama setahun (2015-2016).

Karena dinilai pantas dan tepat, David pun mendapat promosi sebagai Sekcam Kamangbaru (2016-2017). Hanya dalam waktu setahun, David dipercaya sebagai Camat Kamangbaru oleh Bupati Sijunjung, Drs.H.Yuswir Arifin,MM (Datuk Indo Marajo).

David saat menjadi Camat Kamangbaru

Tiga tahun menjabat Camat Kamangbaru (2017-2020-red), David dimutasikan sebagai Kepala Kantor Kesbangpol dari 2020 hingga 2022.

Pada Kamis 28 April 2022, David dilantik oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si sebagai Sekretaris Dinas Kominfo dan sekaligus sebagai Plt Kadis. Puncaknya, pada Kamis, 25 Agustus 2022, putra Tanjung (asli Koto VII, Kabupaten Sijunjung-red) itu, “Dinobatkan” sebagai Kadis Kominfo “Termuda” di Ranah Lansek Manih yang lahir 28 September 1985 silam.

“Saya sangat berterima kasih, karena diberi amanah dan kepercayaan. Pada, Kamis 25 Agustus 2022, alhamdulillah saya dilantik sebagai kepala Dinas Kominfo Sijunjung. Sistem seleksi menurut saya di masa ini, merupakan hal yang sangat luar biasa,” katanya berbagi cerita dengan Jurnalsumbar.Com, Jumat (26/8/2022) sehari setelah pelantikan.

Bagi David, sistem seleksi menjadi pintu yang sangat terbuka bagi para ASN untuk menunjukan kualitas dan kinerja mereka. Secara normatif, untuk David yang ketika itu dapat menjabat kepala dinas.

Sejak adanya peraturan seleksi terbuka JPT, telah membuka banyak kesempatan bagi setiap ASN (termasuk David Rinaldo-red) untuk meniti karir mereka. Tidak hanya itu, seleksi terbuka JPT itu, juga menjadi ajang bagi setiap ASN untuk menunjukan kualitas dan kinerja terbaik mereka dalam menjalankan sebuah tugas serta tanggungjawab besar.

Kepercayaan untuk David sebagai kepala Dinas Kominfo, menempatkan dia sebagai kepala dinas termuda yang mengisi jabatan penting di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Bagi putra dari Syamsul Asni,S.ST (papa) dan Rosmalidar, A.Md (mama) pensiunan ASN ini, ada rasa percaya dan tidak kala namanya mendapatkan amanah sebagai kepala Dinas Kominfo, Karena pada kali pertama dia mengikuti seleksi JPT, David langsung bisa terpilih dan mendapatkan amanah memimpin sebuah dinas yang terbilang sangat strategis bagi Kabupaten Sijunjung.

“Bagi saya, bisa mendapatkan kepercayaan sebagai kepala Dinas Kominfo (Corong Pemda-red), adalah hal yang luar biasa. Apalagi, saya menjadi kepala dinas paling muda di Kabupaten Sijunjung. Karena saya menjabat kepala dinas pada usia saya yang ke-36 tahun 11 bulan. Benar-benar di luar ekspektasi saya,” tutur David membagikan cerita hidupnya.

Tidak ingin larut dalam euforia, David pun langsung tancap gas untuk memberikan dan menunjukan kinerja terbaiknya dalam membawa Dinas Kominfo sebagai sebuah instansi yang siap menjadi pusat informasi dan pelayanan publik.

Awal tugas sebagai Kadis, David dampingi Wabup Sijunjung ke Durian Gadang

Buktinya, pada Jumat (26/8/2022) David melaksanakan tugas mendampingi Wakil Bupati Sijunjung, H. Iradatillah,S.Pt ke Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung. Karena ia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut.

“Bagi saya, ketika ada ruang yang lebih luas lagi untuk pengabdian, maka itu sangat positif. Sepanjang kita bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang, Insyaallah berkah bagi kita. Apalagi tantangannya tidak ringan,” tuturnya.

David saat bersama warga membahas berbagai hal

Setelah melewati sederet tahapan dan seleksi, David pada dasarnya tidak begitu ngoyoh mengejar jabatan kepala Dinas Kominfo. Apalagi, pada seleksi itu, ia memang kali pertama mengikuti seleksi JPT ditingkat Kabupaten Sijunjung. Menurutnya, jika ia terpilih, berarti usahanya dalam menantang kemampuannya sendiri berhasil. Tapi yang terpenting, Tuhan Yang Maha Kuasa merestui apa yang ia sedang lakukan.

“Alhamdulillah, setelah mendapatkan kepercayaan jadi kepala Dinas Kominfo Sijunjung ini, harus saya emban amanah dengan sebaik mungkin. Ini menjadi amanah bagi saya dan harus saya jawab dengan kinerja yang sebaik mungkin, apalagi saya menjadi kepala dinas termuda juga di Kabupaten Sijunjung saat ini. Ini bukan soal kebanggaan, tetapi menjadi penyemangat buat saya agar bisa bekerja lebih giat lagi,” paparnya merendah.

Kini, David menabur mimpi untuk membawa inovasi bagi kemajuan pelayanan Dinas Kominfo di Sijunjung. Utamanya dalam membantu Bupati-Wabup Benny-Radi, menjadikan Sijunjung sebagai Kabupaten yang berdaulat secara ekonomi dan pembangunan.

“David memang pantas dan cocok menjabat sebagai Kadis Kominfo, semoga bisa mewadahi rekan-rekan wartawan daerah ini,”imbuh Saptarius, Ketua Forum Pelayanan Publik yang juga Wartawan Utama dan Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

Di balik kokoh dan tegaknya langkah seorang David Rinaldo, berdiri kokoh pula doa dari kedua orang tuanya, Syamsul Asni,S.ST (papa) dan Rosmalidar, A.Md (mama) pensiunan ASN.

David bercerita, sang ibu Rosmalidar mempunyai kebiasaan sejak dia kecil selalu melaksanakan puasa Senin-Kamis. Puasa itu dilakukan sang ibu untuk mendoakan anak-anaknya.

“Ibu saya, dulu beliau selalu senang puasa Senin-Kamis untuk anak-anaknya. Pada saat itu, Allah belum menunjukan hikmahnya dari apa yang dilakukan ibu saya. Tapi kini, doa dan amalan itu, kini sudah kami rasakan,” ucap David sembari mengenang masa-masa kecilnya.

Menurutnya, apa yang telah sang ibu lakukan, adalah jasa yang tiada akan mungkin David balas. Karena hampir semua amal ibadah dari sang ibu, niatnya untuk anak-anaknya. Kini dia hanya bisa memberikan pengabdian terbaiknya, baik kepada sang ibu maupun kepada masyarakat lewat jabatan dan amanah yang ada padanya.

“Kalau bapak, beliau sering memberikan wejangan. Petuah dalam menjalani hidup. Itu menjadi terpatri di benak kami, apa yang baik untuk kami, untuk orang banyak,” katanya.

David menambahkan, selain doa dari kedua orang tuanya, dukungan lain yang tidak kalah penting bagi David yakni istri dan anak-anaknya. Mereka menurut David selalu ada dan menjadi penyemangat dalam setiap kesulitan yang dia hadapi.

“Semangat dari keluarga, terutama pasangan hidup, sangat penting. Mereka selalu ada dan terasa memberikan semangat dan doa yang luar biasa ke saya,” kisah David Rinaldo menutup ceritanya dengan Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com.  Selamat buat Pak Kadis, semoga Tetap selalu Amanah..! Brapo Dinas Kominfo. * raysa qurata aini caca