Pesilat Taduang Bangkeh Juara II Kejurnas Open Padang Champion 1 Sumbar, Riau dan Jambi

173

JURNALSUMBAR| Batusangkar- Perguruan Silat Taduang Bangkeh berhasil meraih juara umum II pada Kejuaraan Silat Nasional (Kejurnas) Open Padang Champion 1 Sumbar, Riau dan Jambi, yang digelar di GOR Haji Agus Salim pada 19 hingga 21 Agustus 2022.

Keberhasilan silat Taduang Bangkeh keluar sebagai juara umum II, dalam kejuaraan tersebut meraih enam medali emas, lima perak dan empat medali perunggu. “Di samping itu salah satu atlit kita, Gilang juga berhasil menjadi atlit terbaik dalam kejuaraan tersebut,” ujar Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh, Mustafa Akmal kepada Harian Haluan.Id, Senin (22/8) di Batusangkar.

Menurutnya, dalam kejuaraan Open Padang tersebut, perguruan silat Taduang Bangkeh yang beralamat di Batipuh itu, lantaran inisiatif membawa lebih banyak yaitu 15 orang anak silat.

“Mereka yang berhasil siswa kelas 2 SD, untuk kategori pra remaja berasal dari SMPN 1 Batipuh sebanyak 7 orang dan MTsN Pitalah 6 orang.
Keikutsertaan perguruan kami dalam kejuaraan ini sudah keempat kalinya, ini untuk melestarikan kembali adat dan budaya serta melahirkan bibit atlit yang berprestasi serta unggul dalam bidang pencak silat. Alhamdulilah ini prestasi yang sangat menggembirakan, karena kami bisa bersaing dengan atlit lainnya khususnya atlit silat dari SD dan SMP,” katanya.

Dijelaskannya juga, ajang itu sebagai pembinaan bagi pesilat dalam menambah wawasan dan pengalaman di kejuaraan.

Di antara pesilat Taduang Bangkeh yang berhasil meraih medali yaitu, untuk medali perak diraih Alif siswa SD Subarang dan Putri siswa SD Balaigadang, kemudian untuk tingkat pra remaja, berasal dari SMPN 1 Batipuh yaitu Deo Fransesta,
Yaya Tunissa dan Yaumil Malik, dua perak atas nama Raisani Putri Rosra dan Zaskya Dwi Abdillah, dan tiga perunggu lain masing-masing atas nama Gina Kolbi, Fadillah Balqis dan Rahmad Aulia.
Untuk pra remaja, dari MTsN Pitalah empat medali emas atas nama Muhammad Rian Tsaqifi, Alexandri Yimelki, dan Gilang, Asyifa Putri Wediari. Lalu peraih perak diperoleh Gina Putri Indriani – habede mdt