HUT Sumbar, Gubernur: Luar Biasa, Cabe Lamersi Tanah Datar Dipasarkan di Singapura

195

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumateta Barat ke-77 yang dibuka Gubernur Mahyeldi Ansharullah di Pelataran GOR H. Agus Salim Padang, Kamis (29/9) juga diikuti Tanah Datar. UMKM Dinas Koperindag, dan Florikultura Dinas Pertanian Tanah Datar pamerkan produk-produk unggulan Luhak Nan Tuo.

Aktivitas UMKM Sumbar merupakan sarana berkarya dan berinovasi bagi UMKM dalam menampilkan produk-produk unggulann agar semakin dikenal dipasar nasional dan manca negara.

Dalam kunjungannya ke booth UMKM Tanah Datar Gubernur Mahyeldi didampingi Wagub Audy Joinaldi, Ketua Dekranasda Prov. Sumbar Ummi Harneli Mahyeldi mengatakan kepada Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra cabe lamersi luar biasa dan minta untuk di packging dengan baik agar bisa dipasarkan ke luar negeri seperti Singapura karena Pemprov Sumbar sudah menjalin kerjasama dengan negara Singapore.

Ditambahkan Mahyeldi, produk pertanian Tanah Datar luar biasa tinggal packging kasih merk sudah bisa masuk supermarket luar negeri. Tidak hanya cabe dan bawang, namun juga produk pertanian lainnya, produk UMKM dan sebagainya. Kita Pemprov Sumbar sudah jajaki kerja sama dengan Singapura, saat ini ayam potong Sumbar.

Sementara Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra merasa bangga dapat ikut andil dalam ajang UMKM Sumbar Malagak.Syukur kita bisa ikut pameran dengan menampilkan produk kerajinan UMKM kita tampilkan, seperti, tenunan songket Pandai Sikek, Pamusihan dan Tanjuang Modang, prodek pertanian ditqmpilkan, Cabe Merah unggul Lamersi, bawang, duku Sungayang dan diikutkan Florikultura pertanian memperagakan beraneka bunga dari Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Tanah Datar.

Ny. Lise Eka Putra menyebutkan,gubernur mengatakan produk Tanah Datar layak masuk pasar Nasional dan Internasional, tinggal di packging dengan baik beri merk bisa bisa masuk pasaran Singapura – habede