Siswa Kelas 4,5 dan 6 SDIT Alam Talago Sawahlunto Go To STIPER Hingga Wana Telabang Sakti Sijunjung, Ini Kegiatannya

298

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ratusan siswa kelas 4,5 dan 6 SDIT Alam Talago Sawahlunto Go To Wana Telabang Sakti, Kecamatan Kamangbaru, Sijunjung, Sumatera Barat pada Sabtu (17/9/2022).

Menggunakan empat bus, ratusan siswa yang didampingi para guru (uztad/uztazah) itu, juga didampingi para orangtua (ayah-red). Mereka berangkat dari Simpang Talago Gunung, Desa Santur sekitar pukul 07.45 WIB menuju Wana Telabang Sakti Ranah Lansek Manih di Kamangbaru.

Kunjungan ratusan Sekolah Alam Talago itu dalam rangkaian kegiatan field trip sebagai kegiatan rutin yang dilakukan di SD Islam Terpadu Alam Talago Sawahlunto.

Kepala SD IT Alam Talago Sawahlunto, Delvia Sepniwati, S.Pd, kepada Jurnalsumbar.Com, Sabtu (17/9/2022) menyebutkan, acara tersebut katanya merupakan kegiatan refreshing sekaligus belajar dari alam. Kali ini Ananda kelas 4,5 dan 6 SD IT Alam Talago Sawahlunto diajak jalan-jalan virtual ke kebun yang ada di STIPER (UNP-red) Muaro Sijunjung dan ke objek wisata Wahana Telabang Sakti.

“Ananda secara langsung di pandu oleh guest tour Taufiqurahmam dikebun yang ada di STIPER Muaro. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan refreshing murid Sekolah Alam Talago bagi kelas 4, 5 dan 6. Sebelumnya kegiatan yang sama juga dilaksanakan bagi kelas 1, 2 dan 3 di Alahanpanjang beberapa waktu lalu,” kata istri dari Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

Tema utama dari objek wisata Kebun STIPER wisata alam.” Lokasinya terletak di daerah yang termasuk dataran tinggi dan didukung oleh cuaca yang sangat sejuk. Saat pertama mulai tour kita diajak untuk melihat view yang disuguhkan sangat menawan, indahnya alam di STIPER, hamparan area pertanian semakin memanjakan Ananda pada field trip kali ini,”tambah Delvia.

Pertama-tama Ananda diajak melihat hasil pembibitan dan cara membibit diarea kampus STIPER yang telah menjadi kampus Universitas Negeri Padang (UNP) itu.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa objek pembibitan menyajikan sebuah nilai edukasi yang berbalut dengan keseruan.

https://vt.tiktok.com/ZSRuofkAL/

Objek pembibitan di UNP tersebut menghadirkan nilai edukasi di bidang pertanian dan peternakan. Cara bertani yang dilakukan di STIPER/UNP semuanya menggunakan bahan organik.

Yang membuat kebun STIPER itu menark adalah sajian wisata yang sangat cocok untuk berlibur dan belajar. Kebun STIPER tidak hanya sebatas menawarkan destinasi wisata alam, ataupun destinasi wisata keluarga, dan edukasi saja.

Saat berada di STIPER/UNP Muaro

Sedangkan di Wana Telabang Sakti Kamangbaru milik Ketua Forwana Kabupaten Sijunjung, Syahbuddin Dt Sinaro (Datuk Abu-red), banyak sekali ragam wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung saat berada di Telabang Sakti, yaitu Lapangan Tembak, Pabrik Karnebo, Kolam Renang, Area Bermain Anak, Glamping dan berbagai Wahana Lainnya.

Pihak pabrik memberi cendramata pada rombongan SDIT Alam Talago Sawahluto

Kegiatan sehari bersama ayah itu juga digelar beraneka ragam kegiatan. Seperti melihat proses pabrik karnebo. Di area Wana Telabang itu, siswa SD IT Alam Talago bermain ice bracking juga termasuk berenang.

Kegiatan di pandu olah ustad dan ustadzah SD IT Alam Talago yang terdiri dari ustadzah Delvia selaku kepala sekolah. dan didampingi oleh ustadz Rafles, ustadz Arnex, ustadz Tomi, ustadz Zuhri, ustadzah Evi, ustadzah Deby, ustadzah Fika, ustadzah Reski, ustadzah Yani, ustadzah Restu, ustadzah Sintia Septi, ustadzah Sintia Sari, ustadzah Titi, ustadzah Yanti, ustadzah Tiwi, ustadzah Tuti, ustadzah Nasuha, ustadzah Yanti, ustadzah Nola.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan sehari bersama ayah ini menjadi ajang bagi anak dan ayah untuk saling meluapkan cinta dan kasih yang mungkin tak bisa disampaikan secara langsung selama ini. karena kami percaya, jika doa ibu adalah hal yang hebat maka pengorbanan ayah adalah sesuatu yang dasyhat. terima kasih kepada seluruh ayah hebat didunia,”tambah Kepala SDIT Alam Talago.

Acara ini terlaksana penuh tawa, haru, dan air mata. Surat kecil dari anak membuat air mata ayah tak terbendung untuk tumpah. Semua bercampur rasa menjadi satu. Sehari bersama ayah adalah kenangan anak terbaik sepanjang masa.titi/del