Di Milad ke-22, Tiga Keluarga Balita Kembar di Kandangbaru Dapat Bantuan Pencegahan Stunting dari BazNas Sijunjung

261

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tepat pada 17 Januari 2023 ini, Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) berulang tahun ke-22. Di Milad ke-22 itu, BazNas Sijunjung, Sumatera Barat, melakukan bakti sosial terhadap warga kurang mampu dan pemberian bantuan pencegahan stunting di Ranah Lansek Manih juga dilakukan. Berikut Laporannya;

Tak percaya? Tengok saja, pada Selasa (17/1/2023), BazNas yang dipimpin , H. Hidayatullah, Lc.MA, melakukan berbagai kegiatan di Milad BazNas ke-22 di Kabupaten Sijunjung.

Menariknya lagi, di Milad ke-22 itu, BazNas Sijunjung saling berbagi pada warga kurang mampu. Setidaknya di Kandangbaru Sijunjung, ada tiga Keluarga Balita Kembar dapat bantuan Pencegahan Stunting. Termasuk warga kurang mampu di Nagari Muaro.

“Setiap ada pengusulan dari nagari akan kita tindaklanjuti. Begitu juga setiap ada laporan terkait permohonan bantuan untuk warga kurang mampu akan kita sikapi,” ucap Ketua BazNas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc.MA, didampingi Wakil Ketua H.Darmawan,SH dan Wakil Ketua II, H. Syahril Syahda,SH.

Menurut pembimbing haji dan umroh Anugrah Travel Sijunjung itu, pada tahun 2022 saja, telah ada 6.500 mustahik telah menerima manfaat dari BazNas Sijunjung.

Di Milad ke-22 tersebut, Wabup Sijunjung,H. Iradatillah,S.Pt, didampingi
Ketua BazNas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc.MA, didampingi Wakil Ketua H.Darmawan,SH dan Wakil Ketua II, H. Syahril Syahda,SH, serta Sekretris DucKB, Camat, Kapus dan Walinagari Muaro melakukan kunjung ke rumah Feri Mardon selaku penerima bantuan sembako di Jorong, Subarang Ombak, Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung.

Diketahui, Feri Mardon beserta istrinya dan anaknya baru awal Januari 2023 ini menumpang di rumah warga berdindingkan papan itu. Sebelumnya, ia tinggal di rumah orangtuanya di Padanglaweh Selatan yang juga penerima manfaat bantuan pemerintah.

Meski kala itu belum tercatat secara resmi sebagai warga di Subarang Ombak, ia sudah menerima sejumlah bantuan, termasuk yang diserahkan Wabup Sijunjung yang bersumber dari BazNas.

“Ini memang sudah kewajiban kita membantu guna meringankan beban warga yang kurang mampu,”ucap Wabup diamni Ketua BazNas.

Tak hanya itu, di Milad ke-22 BazNas itu, Wabup dan rombongan juga menyambangi warga kurang mampu memiliki bayi kembar di Nagari Kandangbaru.

“Bantuan yang kita berikan ini berasal dari bantuan BazNas untuk pambali susu dalam upaya pencegahan stunting. Alhamdulillah, bertepatan di Milad ke-22, ada tiga keluarga bayi kembar penerima bantuan yang dibantu BazNas,”ucap Wabup Sijunjung diamini Ketua BazNas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc.MA, dan Wakil Ketua H.Darmawan,SH dan Wakil Ketua II, H. Syahril Syahda,SH itu.

Berikut nama-nama kepala keluarga (KK) penerima santunan biaya hidup (Bayi Kembar)itu.

1. Dini Adelina (Bayi an. AZIZAH ADELINA KHASADA dan AFIZAH ADELINA KHADADA).

2. Aprianti ( Bayi an. FAAZ ADAM ALBAR dan FAAZ ADZAM ALBAR.

3. Linda Lawari (Bayi an. DEVANO PUTRA PRAMANA dan DEVINA PUTRI PRAMANA).

Mereka beralamat di Jorong Ranah Tanjung Bungo, Nagari Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung.

Di Milad ke-22 itu, juga ada pemotongan kue ulang tahun yang langsung dihadiri Wabup Sijunjung. Sejak kepemimpinan pengurus BazNas yang Diketuai BazNas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc.MA, dan Wakil Ketua H.Darmawan,SH dan Wakil Ketua II, H. Syahril Syahda,SH, serta dibantu kepala sekretariat BazNas Meri Muliadi,S.Pd itu, membuat BazNas lebih baik.

Terbukti, dari hasil laporan keuangan yang diperiksa akuntan publik Gunawan Jakarta, di tahun 2020 dan 2021 BazNas Sijunjung berhasil.meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

“BazNas Sijunjung pada 2022 berhasil meraih Anugrah BazNas Award Provinsi Sumbar, Katagori Tata Kelola Kelembagaan Terbaik dan Nominasi Pengelolaan Keuangan Terbaik,”tambah buya Hidayatullah sambil memperlihatkan penghargaannya.*