Jalan Santai Kerukunan Diikuti Ribuan Peserta, KakanKemenag Dedi Wandra: Toleransi dan Kerukunan Beragama di Sawahlunto Sangat Tinggi

212

Kemenag Sawahlunto gelar Jalan Santai Kerukunan, yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, Sabtu (14/1/2023).

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Ribuan warga ‘kota arang’ tumpah ruah mengikuti gerak jalan sehat kerukunan Kementrian Agama Kota Sawahlunto, memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77, Sabtu (14/1/2023) di Lapangan Segitiga Ombilin. Dilepas oleh Sekretaris Daerah, Ambun Kadri jalan santai kerukunan mengitari kawasan kota lama heritage Sawahlunto.

Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto, Dedi Wandra mengatakan, kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Kemenag di Indonesia, dengan mengangkat tema kerukunan umat untuk Indonesia hebat.

“Kita sangat bangga hari ini bisa bersama sama, dengan berbagai latarbelakang suku dan agama namun bisa bersama sama memeriahkan HAB ke 77,” katanya.

Selain itu sebut Dedi Wandra, juga dikakukan Deklarasi Damai Umat Beragama dibacakan dan ditandatangani oleh perwakilan masing-masing agama di Kota Sawahlunto, termasuk sejumlah organisasi keagamaan.

“Sawahlunto yang dikenal sebagai kota multietnis, masyarakatnya sangat menjaga kerukunan, toleransi antar umat beragama sangatlah tinggi, dimana warga salah Sawahlunto yang terdiri dari berbagai suku dan agama, sejak dahulunya mampu hidup berdampingan harmonis hingga saat ini. Kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini diucapkan terimakasih,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Ambun Kadri mengapresiasi kegiatan jalan sehat dan deklarasi damai umat beragama itu.

“Pemko Sawahlunto memberikan perhatian dan komitmen yang besar terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan. Ini dibuktikan, misi pertama Pemko Sawahlunto berbunyi menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik,” sebutnya.rk