Monitor Erupsi Gunung Marapi, Bupati Eka Putra: Suasana Kondusif…

141

JURNAL SUMBAR | Batusangkar- Setelah sempat erupsi sabtu lalu, Gunung Marapi kembali Erupsi,Selasa(10/1), sehingga Bupati Tanah Datar Eka Putra terobsesi langsung turun ke lapangan, nagari Sawah Tangah bersama rombongan kabupaten untuk memonitoring letusan itu.

Sewaktu berada di Nagari Sawah Tangah, Kecamatan Pariangan, Eka Putra mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan monitoring ke Pos Pemantau Gunung Api di Bukittinggi, dan sudah ke lokasi pertanian yang ada di lereng Marapi.

Bupati, menyatakan suasana masih kondusif, status Marapi masih Waspada Level 2,.Dari laporan masyarakat Selasa pagi, ada erupsi yang agak besar dari biasa, bahkan sudah melontarkan materialnya.

Pada kesempatan itu,Bupati mengimbau para pendaki, masyarakat, petani agar tidak melakukan aktifitas dalam radius 3 KM dari puncak Marapi.

Bupati Eka Putra juga mengatakan, dirinya sudah memerintahkan seluruh OPD terkait untuk mengkaji dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk dan mencek persiapan forum relawan penanggulangan bencana (FRPB) dan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari sekali memeriksa jalur evakuasi.

Ditegaskannya, agar forum relawan
melakukan ronda untuk memantau kondisi yang lebih buruk untuk segera diinformasikan ke masyarakat – habede