Wirid BKMT, Bupati Eka Putra: Ajang Pemersatu serta Memperkokoh Ukhuwah Islamiah

123

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Pelaksanaan wirid Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) tingkat Kabupaten Tanah Datar berlangsung khidmat , Senin (9/1) malam di halaman Indojolito Batusangkar.

Pada kesrmpatan itu, Bupati Eka Putra, SE, MM mengatakan, awal bulan Maret mendatang akan ada lagi Wirid BKMT se-Kabupaten Tanah Datar dan itu direncanakan di lapangan upacara kantor Bupati Tanah Datar dan bakal dihadiri Gubernur Sumatera Barat.

Dikatakan, dalam ikatan kekeluargaan BKMT terdapat kekuatan iman, kekompakan dan semangat serta ajang pemersatu dan memperkokoh ukhuwah Islamiah umat dan menjadi sarana mencari solusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi ditengah masyarakat.

Aktivitas BKMT yang mulai dari nagari, ucap Eka, sampai kecamatan hingga kabupaten sudah banyak memberikan kontribusi dan sumbangsih bagi tatanan kehidupan beragama di Tanah Datar, dari itu kegiatan rutin bulanan BKMT ini sangat bermanfaat sebagai penyambung silaturrahmi dan juga syiarnya agama Islam di Luhak Nan Tuo.

Pada kesempatan itu, ditampilkan hafizh Al quran 24 juz yang memperlihatkan progul daerah satu rumah satu hafizh dan hafizah di Tanah Datar berjalan dengan baik dan anak-anak penghafal al quran semakin meningkat.Dewasa ini ada 13.000 anak-anak Tanah Datar sudah hafizh alquran.

Ketua BKMT Tanah Datar Maswardi, mengatatakan, tidak berapa lama akan dilaksanakan milad BKMT ke-42 yang akan diperingati secara nasional di Jakarta, 19-20 Februari 2023.

Diinformasikan, pasca pandemi covid-19 kegiatan BKMT sudah kembali berjalan normal dan kegiatan BKMT sudah ramai lagi diikuti jamaah. Untuk jamaah terbanyak akan diberi reward dan dalam BKMT gabungan akan diumumkan pemuncaknya.Khusus BKMT putaran ke-593, 23 Januari 2023 akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal Nagari Gurun Jorong Sitakuak Kecamatan Sungai Tarab.

Dalam aktivitas tersebut ditampilkan Ustadz Drs. Ristawardi Dt. Marajo Nan Batungkek Ameh dengan tausiah menyampaikan tentang penyesalan umat yang ingkar kepada Allah SWT yang disebutkan
dalam Surat As Sajdah ayat 12 dengan arti, Dan jika kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya dihadapan Tuhannya (mereka berkata), Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal shaleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin.

Tausiah kedua disampaikan Ustadz M. Taufiq Daud, M.Ph.D dari MUI Pusat menyebutkan golongan umat yang ditolak amal ibadahnya oleh Allah SWT yaitu pemimpin yang zolim, wanita yang meninggalkan ranjang atau rumah suaminya dan suaminya tidak redha, dan dua orang yang bersaudara tapi mereka bermusuhan dan memutus tali silaturrahim.

Pelaksanaan wirid BKMT tingkat Kabupaten Tanah Datar itu dihadiri
Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Kepala OPD, Kakan Kemenag H. Syahrul, Pejabat Daerah dan undangan lain – habede