Olah Sampah di Tanah Datar, Wabup Richi Minta Dukungan Yayasan BUMN Indonesia

138

JURNAL SUMBAR| Batusangkar – Proposal yang diusulkan pada program TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS 3R) berada di tiga lokasi di kabupaten Tanah Datar, yakni TPA Bukik Sangkiang Nagari Lima Kaum, Nagari Cubadak dan Nagari Salimpauang.

Demikian dijelaskan Wabup Richi Aprian terkait proposal yang diserahkan, Kamis (12/1/) kepada Ketua Yayasan BUMN Indonesia Harjawan Balaningrath, di Jakarta.

Wabup Richi menambah, saat ini, dari 75 Nagari, baru 25 Nagari yang mampu dilayani pengangkutan sampahnya, dan masih terbatas pada kawasan Kota Batusangkar, 13 pasar Tradisional dan beberapa daerah strategis lainnya.

Capaian kinerja pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Datar sebesar 53,02 persen terdiri dari 17,69 persen pengurangan sampah dan 35,33 persen penanganan sampah.Dengan adanya kerjasama, yayasan BUMN Indonesia bisa tererealisasi program TPS 3R di Kabupaten Tanah Datar. Nantinya, pengelolaan sampah yang baik dapat dimanfaatkan masyarakat di Luhak Nan Tuo untuk meningkatkan perekonomian.

Ketua Yayasan BUMN untuk Indonesia, Harjawan Balaningrath, menyebutkan proposal yang diserahkan Pemda Kabupaten Tanah Datar akan dipelajari terlebih dahalu, sebelum nantinya program TPS 3R dapat direalisasikan di Tanah Datar.

Melalui program TPS 3R, akan mampu mengubahnya menjadi produk-produk bernilai ekonomis, tanpa meninggalkan residu sedikit pun, tekan Harjawan Balaningrath
– habede