Berkaul Adat di Nagari Sungai Lansek, Bupati Sijunjung Disambut Bak Marapulai

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Antusias masyarakat menyambut kedatang Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, M.Si pada prosesi berkaul Adat di Nagari Sungai Lansek tak terbendung.

Ribuan warga sambut Bupati Sijunjung itu bak marapulai. Warga pun mengarak bupati ke tempat prosesi Berkaul Adat yang diselenggarakan pada Kamis (9/3/2023) itu.

Sejumlah pimpinan OPD pun ikut mendampingi bupati diacara berkaul adat tersebut.

“Berkaul Adat untuk mempertahankan tradisi yang dan kekayaan budaya yang masih di lestarikan hingga kini. Indak lapuak dek hujan dan Indak lakang dek paneh,”kata Kepala Dinas Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH yang juga turut dalam kegiatan itu.

KLB

Disebutkannya, kegiatan tradisi Bakaul Adat di Nagari Sungai Lansek adalah ungkapan rasa syukur yang diluapkan oleh masyarakat atas berkat dan karunia dari Allah SWT atas hasil panen pertanian mereka.

Disamping mensyukuri nikmat, disertai berdoa dan atas rezeki yang diberikan dan semoga selalu dalam limpahan rezki .

Kegiatan Bakaul Adat itu juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan masyarakat Tani dalam menggarap pertanian— sawah khususnya.

Akhir dari prosesi Bakaul Adat dilaksanakan tradisi yang tidak kalah serunya dan yang paling ditunggu oleh seluruh lapisan masyarakat yaitu ”Makan Bajamba”.

Bupati Sijunjung yang didaulat dalam acara tersebut merasa bangga atas syukuran yang dilaksanakan masyarakat usai panen.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.