Syukuran, IKLS Kerawang Mendaulat Walikota Sawahlunto Deri Asta, Ini Kegiatannya

712

JURNAL SUMBAR | Jawa Barat – Ribuan perantau Ikatan Keluarga Lumindai dan Sekitarnya (IKLS), Kerawang, Jawa Barat (Jabar), pada Senin (6/3/2023) malam melaksanakan syukuran di Masjid Al Munawwarah Sadamalun 1 Rt 03/07, Kerawang, Jabar.

Kegiatan itu digelar atas telah terbentuknya pengurus IKLS yang baru. Acara itu mendaulat Walikota Sawahlunto, Deri Asta,SH.

Pada kegiatan tersebut, Walikota Deri Asta juga didampingi Asisten 1 Setdako, Irzam.

Syukuran Pengurus IKLS di Masjid Al Munawwarah Sadamalun 1 Rt 03/07 Nagasari, Karawang Jabar itu berlangsung khidmat.

Kegiatan tersebut diawali makan bajambah. Walikota dan Asisten dijamu warga perantau Lumindai dengan makanan khas Lumindai. Acara tersebut juga dihadiri Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kerawang, Indra dan Ketua IKLS Kerawang, H.Anasrulloh, dan Ketua Bakor Sawahlunto Kerawang juga hadir.

H. Syafril sesepuh warga Lumindai

Menurut H.Syafril,69 tahun, sebelum merdeka warga Lumindai sudah merantau ke Kerawang.

“Orang pertama di Sumatera Barat yang merantau ke Kerawang yakni dari Lumindai pada 1976. Beliau adalah H.Kamarali, yang merantau pada tahun 1937 menggunakan kapal. Mencapai Kerawang menempuh wakti sepekan,”kisah H. Syafril dan sejumlah tokoh perantau IKLS Kerawang lainnya.

Sejak itu, tiap tahun warga Lumindai terus berdatangan ke Kerawang sambil berdagang. Hingga kini (tahun 2023-red) jumlah warga IKLS di Kerawang sudah mencapai sekitar dua ribuan jiwa.

Sebelum acara puncak, kegiatan diawali pembacaan kalam illahi oleh uztad Wawan yang menyentuh kalbu jemaah yang hadir jelang Ramadhan tiba itu. Dengan lantunan ayat-ayat yang dibacakan uztad Wawan mampu menghipnotis para perantau IKLS Kerawang yang hadir di Masjid Al Munawwarah.

Kemudian Acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan, Zainal Arifin, berharap agar kepengurusan IKLS Kerawang kompak dan bersinergi .

Kepengurusan IKLS Kerawang dikukuhkan Walikota Sawahlunto, Deri Asta. Dalam sambutan ketua terpilih, H. Anasrullah periode 2023-1026, mengucapkan terimakasih atas pengukuhan tersebut. Ia juga mengaku, pada tahun 2026 mendatang sudah menjabat hingga 23 tahun.

“Padahal kami memberi kesempatan pada yang lain, namun mereka mengaku tidak siap. Kami tak ada lobi-lobi, namun warga IKLS Kerawang tetap sajo menyodorkan kami sebagai ketua. Untuk itu, jangan pengurus hanya sebagai formalitas saja, namun semua komponen harus begerak semua. Kita juga cukup menjalin hubungan baik dengan Pemko, mulai dari pak Amran Nur, Ali Yusuf hingga pak Deri Asta sudah tigakali berkunjung, begitu juga bapak gubernur Irwan Prayitno dulu juga hadir. Itu menunjukan hubungan Pemko dan Perantau IKLS sangat baik,”ucapnya.

Perantau IKLS Kerawang dukung Walikota Sawahlunto, Deri Asta menjadi Walikota Sawahlunto keduakali. “Kami mendukung sepenuh agar pak wali kembali memimpin Kota Sawahlunto,”tegas Ketua IKLS Kerawang, H.Anasrulloh.

Ketua IKM Kerawang, Ir..Indra, mengakui paguyuban IKLS Kerawang sangat kompak. Bahkan kata Indra, soal masalah sosial warga perantau IKLS sangat tinggi. Pada waktu hari raya qurban, IKLS menyembelih hingga 25 ekor sapi.

Wakil Ketua Bakor Sawahlunto Jakarta, mengucapkan sukses atas kepemimpinan H. Anasrullah dan panitia yang berhasil mensukseskan kegiatan. “Semoga kepengurusan IKLS lebih baik lagi,”ucapnya.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, menyampaikan berbagai hal tentang kemajuan Sawahlunto. Ia juga mengapresiasi keberadaan kepengurusan IKLS Kerawang yang solid. Lengkapnya simak video diatas.

Kegiatan tersebut dengan pembacaan doa disampaikan H. Syafril.”(pariwara).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here