Hari Ini, Menparekraf RI Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Rencanya, pada Sabtu (1/4/2023) ini, Kemenparekraf RI akan melakukan Penilaian terhadap Desa Wisata Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Kunjungan tersebut langsung dipimpin Menteri Kemenparekraf RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.Kunjungan tersebut terkait Perkampungan Adat, Nagari Sijunjung, masuk 75 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP dan Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH menjawab Jurnalsumbar.Com, Jumat malam (31/3/2023) secara terpisah.

Selain disambut bupati, wabup, sekda serta OPD, rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tersebut rencananya juga didampingi gubernur dan wagub Sumbar.

Di Sijunjung, mas menteri Sandi Uno akan melakukan sejumlah agenda kegiatan dan fokus di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Menurut mantan Camat Kamangbaru yang juga mantan Kakan Kesbangpol itu, sekitar pukul 08.30 WIB, Mas Menteri dan rombongan diperkirakan tiba di gerbang Desa wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Kadis Kominfo Sijunjung, David Ronaldo, S. STP

“Setiba di gerbang, rombongan langsung pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan. Mas Menteri dan rombongan akan dikalungkan songket serta deta dan rompi (Songket unggan dan
Perkampungan Adat-red). Mas Menteri beserta rombongan disambut dengan tari gelombang Mas Menteri disambut dengan Tari Gelombang yang disuguhkan oleh salahsatu sanggar yang ada di Nagari Sijunjung,”papar alumni IPDN yang juga putra asli Koto VII itu Kabupaten Sijunjung itu.

PERANTAU SIJUNJUNG
Kadia Parpora Sijunjung, Afrineldi,SH

“Mas Menteri beserta rombongan menaiki vespa mengelilingi Desa Wisata Perkampungan Adat bersama bupati (arah homestay nomor 11-red). Mas Menteri dan rombongan menaiki Vespa sebagai salah satu sarana angkutan di Desa Wisata Perkampungan Adat,”terang Kadis Kominfo yang dekat dengan kalangan pers itu.

Setelah itu, kisaran pukul, 08.45 – 09.00 WIB (berdurasi 15 menit), usai mengelilingi Desa Wisata Perkampungan Adat, Mas Menteri akan menyaksikan penampilan atraksi Silat Tuo/Silat Harimau dan Mas Menteri juga akan disuguhkan dengan Kesenian Tradisional Silat.

Pada pukul, 09.00 – 09.10 WIB, (durasi 10 menit-red), Mas Menteri dan rombongan mendengarkan presentasi dari Bupati Sijunjung, Walinagari Sijunjung, dan Ketua Pengelola Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung.

Usai mendengarkan ekapose, kata Kadis Kominfo, sekitar pukul 09.10 – 09.30 WIB, (berdurasi 20 menit-red), Mas Menteri akan melihat Souvenir dan Ekraf Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. Kemudian pada pukul 09.30 – 09.40 WIB, (bwrdurasi 10 menit-red) Mas Menteri akan mengunjungi Homestay nomor 27 di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung dan berdiskusi dengan Selebgram.

Masuk 75 Besar ADWI Tahun 2023; Besok, Kemenparekraf Lakukan Penilaian Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung

“Mas Menteri Mengunjungi Homestay untuk melihat Isi Homestay dan Toilet sekaligus bersosialisasi dengan pemilik Homestay. Kemudian dilanjutkan ke wisata di Tugu Bundo Kanduang. Disitu, Mas Menteri akan melakukan Penandatanganan Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. Setelah Penandatangan Prasasti dilanjutkan dengan Konferensi Pers dan foto bersama dilakukan di Tugu Bundo Kanduang,”beber Kadis Kominfo dan Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi menjelaskan.

Semoga Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Sumatera Barat, masuk nominasi tiga besar diajang ADWI tahun 2023 dan menyusul prestasi serupayabg diraih pada tahun 2022 oleh Geopark Silokek juga menjadi pemenang tiga dalam ADWI 2022. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.