BazNas dan Pemkab Sijunjung Bakal Bangun Balai Ternak di Transmigrasi Padangtarok, Ini Penjelasan Meri Muliadi, S.Pd

519

Kepala Pelaksana Baznas Meri Muliadi, S.Pd

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – BAZNAS RI bersama BAZNAS Kabupaten Sijunjung berkolaborasi dengan pemerintah Daerah luncurkan program Balai Ternak untuk  membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah Transmigrasi Padang Tarok Kecamatan Kamang Baru pada Rabu (10/5/2023)

Ketua Baznas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc. MA melalui Kepala Pelaksana Baznas Meri Muliadi, S.Pd mengatakan, dilaksanakannya program  ini merupakan wujud dari proposal yang di ajukan oleh Pemerintah Daerah bersama BAZNAS Kabupaten Sijunjung kepada BAZNAS RI beberapa waktu lalu, Program Balai Ternak BAZNAS merupakan pemberdayaan  peternak mustahik dengan mengembangkan usaha peternakan mulai dari budidaya sampai dengan pengolahan dan pemasaran, memberikan bantuan modal berupa ternak, sarana produksi peternakan, sarana pengolahan hasil peternakan, pendampingan, dan pengembangan usaha peternakan.

Tujuannya ujar Meri Muiyadi yang akrab disapa Kak Yayan ini adalah untuk meningkatnya kesejahteraan peternak mustahik melalui peningkatan pemilikan aset produktif ternak, Tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal dan usaha kelompok peternak yang diberdayakan, dan terbentuknya sentra sentra produksi peternakan untuk memenuhi kebutuhan lokal dan nasional, serta terbangunnya jaringan pemasaran produksi hasil leternakan dan turunannya

“Alhamdulillah Perwakilan dari Baznas Pusat bersama Wakil Bupati Sijunjung didampingi Baznas Sijunjung dan beberapa orang kepala OPD telah melakukan peninjauan dan ferivikasi kepada calon kelompok penerima sekaligus memberikan sosialisasi kepada penerima tersebut di Transmigrasi, Jorong Binuang Aia Putiah, Nagari Padang Tatok, Kecamatan Kamang pada Rabu 10 Mei 2023 kemaren,”jelas Kak Yayan.

Tim Baznas RI bersama Wabup Iraddatillah dan Ketua Baznas Sijunjung, Hidayatullah beserta OPD terkait saat peninjauan lokasi peternakan di Padang Tarok, Rabu 10 Mei 2023.

Tim BazNas dan Pemkab Sijunjung saat meninjau lokasi Transmigrasi Padangtarok

Rencananya bantuan ini lanjut Yayan akan diberikan berupa 185 ekor kambing kepada satu kelompok dengan penerima manfaat sebanyak 20 KK di Transmigrasi Padang Tarok tersebut.

“Semoga bantuan yang diberikan oleh Baznas Pusat ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kita di Nagari Padang Tarok hendaknya. Dan kami harapkan kepada kelompok penerima nantinya bisa merawat ternak dengan baik agar bisa berkembang nantinya,”harap Yayan pada Jum’at 12 Mei 2023 di Kantor Baznas.

Masyarakat Transmigrasi mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah Daerah kabupaten Sijunjung yang telah memberikan banyak perhatian kepada warga dengan berbagai program dan sangat bersyukur atas program Balai Ternak BAZNAS untuk bisa mereka laksanakan dan memperoleh hasil maksimal guna menopang perekonomian mereka.andri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here