Berlangsung Semarak, Pacu Jawi Rambatan Ditutup Wabup Richi Aprian

529

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Pagelaran alek anak nagari Pacu Jawi sebagai perhelatan tertua di Tanah Datar memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat.
Ditinjau dari sejarahnya, Pacu Jawi di Tanah Datar dilakasanalan dari jaman dahulu dan hanya diadakan di empat Kecamatan yaitu, Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan kecamatan Sungai Tarab.

Hal itu diutarakan Wabup Tanah Datar Richi Aprian,Sabtu(13/5) ketika menutup pagelaran alek anak nagari Pacu Jawi di Sawah Gadang Tarantang Sayang Padang Luar, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan.

Untuk itu, Wabup Richi berharap masyarakat terus mendukung pelestarian tradisi alek anak nagari Pacu Jawi sesuai dengan filosofi, adat dan budaya.Kita melihat, banyak wisatawan asing
melihat secara langsung pegelaran Pacu Jawi yang kental dengan adat dan budaya.

Sementara itu,Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo mengatakan Pacu Jawi akan membangkitkan potensi Nagari III Koto sehingga mampu mendukung program unggulan pemerintah Tanah Datar karena pegelaran Pacu Jawi, tidak pernah habisnya, banyak makna yang terkandung dalam pacu jawi itu sendiri yang harus kita lestarikan bersama.

Selanjutnya, Wali Nagari III Koto Willy Adha mengucapkan terima kasih ke pada seluruh pihak sehingga alek anak nagari Pacu Jawi terlaksana mulus.Dan Willy bertekad akan terus mengebangkan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat LuhakNanTuo – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here