Ratusan Tokoh Hadiri Silaturhami PSMM se-Sumbar di Sijunjung, Ini Laporannya

1066

JURNAL SUMBAR | Sijunjung -:Bupati Sijunjung,Benny Dwifa Yurwir hadir dalam acara silaturahmi Perkumpulan Suku Melayu Minang (PSMM ) se-Sumatera Barat, Tahun 2023 di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, pada Minggu (14/5/2023).

Tujuan diadakannya acara ini adalah bertujuan untuk mempererat ikatan kekeluargaan dan raso badunsanak sesama suku Melayu Minang.

Redi Susilo S.Pd Dt. Bagindo Ratu sebagai ketua Pelaksana acara Silaturahmi Perkumpulan Suku Melayu Minang ini, mengatakan bahwa acara Silaturahmi merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya.

“Acara ini terlaksana berkat kerjasama Perkumpulan Suku Melayu Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, yang telah memfasilitasi tempat pertemuan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro ini”, lanjut Redi Susilo yang saat ini  menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sijunjung.

“Acara ini dihadiri sekitar 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, dimana jumlah peserta lebih dari 400 orang, yang terdiri Datuk-Datuk, Bundo Kandung, dan dunsanak Suku Melayu Sumbar”, Tambah Redi Susilo Dt. Bagindo Ratu.

Sementara itu Nazarudin Dt. Rajo Nan Gadang selalu ketua Umum Perkumpulan Suku Melayu Minang ( PSMM ) Sumbar dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Sijunjung Khususnya Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, yang telah memfasilitasi Acara Silaturahmi Perkumpulan Suku Melayu Minang ini.

Nazaruddin mengatakan, bahwa 2 tahun yang lalu membuat suatu ikatan atau perkumpulan Suku Melayu yang ada di Sumatera Barat, dan tergabung di suatu wadah WAG , dimana saat ini sudah tergabung lebih dari 2 ribu anggota, yang terdiri dari Ninik mamak, Bundo Kandung, kemanakan serta anak pisang.

Untuk memajukan organisasi atau perkumpulan Suku Melayu ini perlu adanya ke ikhlasan, kesabaran, finansial yang kuat, serta harus adanya dukungan dari keluarga, lanjut Nazaruddin yang pernah menjabat sebagai Ketua I BKMT Sumbar selama 15 tahun.

Bupati Sijunjung dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang di ranah lansek manih kepada seluruh Ninik mamak, Bundo Kandung , kemanakan Suku Melayu se Ranah Minang, semoga betah dan kembali berkunjung ke Sijunjung.

Bupati, juga menambahkan, bahwa di Sijunjung Juga ada Perkampungan Adat Nagari Sijunjung yang merupakan lorong waktunya Minangkabau, dimana di perkampungan adat ini masih banyaknya Rumah Adat, serta kehidupan asli Minang kabau pada jaman masa lampau.

“Sijunjung Sendiri juga sangat kental dengan kebudayaan, dimana Sijunjung terkenal dengan Geopark Silokeknya, perkampungan Adat Nagari Sijunjung dan masih banyak lagi destinasi wisata alam lainnya yang cukup bagus untuk dikunjungi”, lanjut Bupati 

Hadir dalam acara silahturahmi Perkumpulan Suku Melayu Minang ini antara lain Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irwan, Wakil Ketua DPRD sekaligus ketua Panitia Redi Susilo S.Pd Dt. Bagindo Ratu, Anggota DPRD Sijunjung F-PKS Antonio Oksa Mursil, Kadis DPMN, Kasat Pol PP dan Damkar Sijunjung, Kabag Kesra, Camat Sijunjung, Mantan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, serta para tamu undangan lainnya. (Ovi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here