Audiensi dengan MUI Tanah Datar, Ini yang Disampaikan Bupati Eka Putra

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Dirinya sebagai pimpinan daerah dalam pengambilan keputusan akan selalu melibatkan para ulama dan juga tokoh adat di Tanah Datar sehingga keputusan itu nantinya akan seimbang dan tidak memihak ke salah satu kelompok. Demimikian dikemukakan Bupati Eka Putra dalam audiensi dengan pengurus MUI Tanah Datar, Jumat (2/6) di Gedung Indojolito Batusangkar.

Dikatakannya, keputusan yang akan diambilnya selalu memakai prinsip tali tigo sapilin, tungku sajarangan, artinya akan selalu meminta pendapat dan pertimbangan dari unsur ulama dan tokoh adat. Tiga unsur ini sudah bersatu, Insya Allah apapun keputusan kita pasti didukung seluruh masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Bupati Eka juga menyampaikan beberapa informasi terkait dengan rencana pembangunan kabupaten Tanah Datar ke depan, diantara ada rencana pembangunan Masjid Jami’ Minangkabau. Eka mengakui di Tanah Datar belum ada Masjid besar dan menjadi pusat seluruh kegiatan keagamaan,saat ini, ada donatur yang merupakan perantau kita ingin membangun Masjid, tentu ini kita sambut baik dan akan kita siapkan lahannya. Dengan adanya Masjid ini nantinya kita berharap bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan di Tanah Datar sekaligus untuk wisata religi.

Tidak lupa,Bupati Eka juga menyampaikan informasi rencana kegiatan Minang Diaspora yang rencananya pada Desember nanti akan ada perantau Minang dari 50 negara yang akan mengunjungi Tanah Datar.

Epi

Kata Bupat lagi, aktivitas ini bermula dari pelaksanaan Kongres Bundo Kanduang se Dunia yang dilaksanakan disini tahun lalu, dari sini para perantau Minang se Dunia sepakat mengadakan pertemuan di Tanah Datar yang nantinya kegiatan ini akan kita padukan dengan pelaksanaan Festival Pesona Minangkabau. Tentu disini peran ulama sangat sentral, makanya dengan silaturahmi kita mengetahui aktivitas tersebut.

Eka Putra meminta MUI untuk terus mendukung dan mendoakannya agar mampu menjalankan amanah dengan baik.Bupati mengakui selama dirinya menjabat Bupati, frekuensi pertemuan resmi dengan MUI masih kurang, makanya dengan adanya pertemuan hari ini Insya Allah ke depan akan lebih baik lagi. Kerjasama dengan MUI sangat penting, walau tidak mudah namun kita harus terus menjaga kekompakan dan komunikasi.

Ketua MUI Tanah Datar Yendri Junaidi, Lc, MA menyambut baik pertemuan yang dilakukan.Ini bisa memberikan dukungan secara moral kepada Bupati sebagai pucuk pimpinan di Tanah Datar seraya menegaskan MUI siap mendukung seluruh program pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hadir dalam aktivitas itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono dan Kabag Umum Ronal Satria dan undangan lain -habede. .

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.