Bupati Eka Resmikan Mairiak Padi Salibu Dalam Festival Balairung Sari Nagari Tabek

JURNALSUMBAR | Batusangkar- Festival Balairung Sari merupakan rangkaian program unggulan Satu Nagari Satu Event. Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menobatkan Nagari Tabek Kecamatan Pariangan sebagai Nagari Padi Salibu dan Nagari Makan Bajamba se Dunia.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra, Sabtu(10/6) ketika membuka resmi Festival Balairung Sari Nagari Tabek didahului dengan ‘Mairiak Padi Salibu’ oleh Bupati Eka Putra didampingi Wali nagari Tabek Rispel Murni.

Eka Putra menyampaikam apresiasi tertinggi kepada semua panitia pelaksana dan masyarakat yang telah bekerja keras guna mensukseskan Festival Balairung Sari sehingga gaungnya sampai ke perantauan.

Diharapkan dengan festival ini semakin memperkuat silaturahmi masyarakat dan juga meningkatkan promosi wisata Tanah Datar. Saya sebagai Kepala Daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia dan segenap masyarakat yang terlibat, semoga apa yang telah diberikan menjadi amal ibadah bagi kita dan dibalas dengan pahala yang setimpal.

Bupati Eka mengatakan, melalui pelaksanaan Satu Nagari Satu Event seperti ini masyarakat bisa menyaksikan berbagai keunikan dan kearifan lokal salah satunya adalah dalam prosesi Batagak Penghulu yang dilakukan sesuai adat salingka nagari.

Dikatakan Bupati, nagari Tabek juga memiliki potensi wisata budaya spesifik yang sudah sangat terkenal diantaranya balai adat (Balairung Panjang) yang usianya sudah berusia 350 tahun.

Epi

Untuk mengelola sebuah objek wisata kita tidak bisa bekerja sendiri, untuk itu Pemerintah Daerah turun langsung untuk membentuk pokdarwis. Semoga Pokdarwis mampu berinovasi dan lebih kreatif, contohnya dengan membuat paket wisata dan lain lain.

Dikatakan Nagari Satu Event juga akan melahirkan multiplayer efek ekonomi seperti kuliner, transportasi, homestay, kerajinan rakyat dan sanggar-sanggar kesenian anak nagari yang semuanya akan menggeliat dan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Terakhir Bupati Eka juga sampaikan ucapan selamat kepada penghulu yang di kukuhkan. “Selamat kepada para panghulu yang dikukuhkan pada hari ini, semoga bisa mengemban amanah dalam membimbing kaum dan kemenakannya. Bupati juga menobatkan Nagari Tabek sebagai nagari Salibu dan Makan Bajamba sedunia.

Sebelumnya, Wali Nagari Tabek Rispel Murni menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang luar biasa atas dukungan masyarakat Tabek terhadap program unggulan Satu Nagari Satu Event.

Rispel berharap agar Bupati menobatkan nagari Tabek sebagai nagari Makan Bajamba se Dunia agar Nagari Tabek tidak hanya dikenal masyarakat lokal tapi juga Internasional.

Ketua panitia pelaksana Desrio Nando juga menyampaikan, festival yang bertujuan untuk memperkenalkan, mengajak dan memperlihatkan kepada masyarakat Tanah Datar tentang potensi pariwisata dan budaya Nagari Tabek akan berlangsung dari tanggal 10-12 Juni 2023.

Festival Balairung Sari akan memperkenalkan nagari Tabek sebagai nagari Makan Bajamba di Balairung Sari sekaligus memperkenalkan nagari asalnya teknologi Salibu yang lebih dikenal dengan Kampung Salibu. Pada gelaran festival ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian, kuliner khas Nagari Tabek dan berbagai hiburan, pungkas Desrio – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.