Sukseskan Penas Tani XVI 2023, Ini Strategi PLN

JURNAL SUMBAR – Padang, 7 Juni 2023 – Perhelatan nasional Pekan Nasional (Penas) Tani dan Nelayan XVI Tahun 2023 akan digelar di Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023 mendatang. PLN siap sukseskan pertemuan para petani dan nelayan se-Indonesia ini dengan layanan kelistrikan terbaik dan infrastruktur kelistrikan prima.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan, PLN menyiapkan serangkaian langkah strategis untuk mengamankan pasokan kelistrikan selama Penas Tani XVI. PLN siap memastikan suplai listrik ke titik-titik lokasi penyelenggaraan Penas andal dan cukup karena operasi sistem dan pasokan listrik dari pembangkit, transmisi, hingga distribusi sudah diamankan secara berlapis.

‘’Operasional sistem semua sudah berjalan 100% seperti rencana strategis kami. Pembangkit beroperasi dengan baik. Pasokan listrik di Provinsi Sumatera Barat memang sudah dalam keadaan surplus, aman, dan andal. Hingga saat ini, pembangkit-pembangkit yang ada di Sumbar memiliki kapasitas 1.362 MW dengan beban puncak tertinggi mencapai 579,6 MW. Masih ada cadangan daya yang cukup besar yang akan cukup untuk mensuplai parhelatan nasional ini,’’ terang Eric kemudian.

Disampaikan Eric, PLN investasikan Rp.11,2 Miliar untuk sukseskan gelaran Penas Tani dan Nelayan XVI. Investasi ini untuk mengamankan seluruh lokasi pelaksanaan, terminal Bandara Internasional Minangkabau (BIM), lokasi-lokasi penginapan para tamu dan kontingen, hingga lokasi-lokasi strategis yang memungkinkan dikunjungi.

PLN menyiapkan listrik di 15 lokasi prioritas, khususnya Lanud Tabing sebagai lokasi utama penyelenggaraan acara. Lokasi pameran di Lanud Tabing akan disuplai dengan daya ekstra sebesar 2,1 MW. Lokasi panggung utama Lanud Tabing disuplai dengan daya ekstra sebesar 210 kVa dan 66 kVa. Selanjutnya lokasi gelar teknologi disuplai dengan daya ekstra sebesar 275 kVa dan 211 kVa.

Epi

Lokasi prioritas lainnya adalah kawasan Gubernur dan sekitarnya, Kantor Walikota, kawasan UNP, Dinas Kominfo, Dinas Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Poltekkes Siteba, hingga Bandara Internasional Minangkabau (BIM). ‘’Kawasan Gubernur misalnya, kami menyediakan pasokan daya 637,5 kVa untuk kegiatan di Aula Gubernur, Istana Gubernur dan sekitarnya. Sementara BIM adalah lokasi andal PLN yang disuplai dari jaringan berdaya 2,7 MW,’’ jelas Eric.

PLN pun akan mensuplai listrik andal tanpa kedip ke 1.480 rumah warga tempat pemondokan para kontingen Penas XVI, serta ke seluruh hotel bintang 3 keatas yang menjadi lokasi penginapan para tamu. ‘’Kami proses merelokasikan beberapa tambahan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 250 kVa. 10 UGB lainnya sudah terpasang di lokasi-lokasi prioritas pengamanan listrik. UGB berfungsi untuk penambah pasokan pada JTM atau ada juga yang stand by sebagai back up ,” sambung Eric.

Demi memberikan layanan terbaik dan dapat bergerak cepat memitigasi risiko, PLN UID Sumbar menyiagakan 118 personel PLN, 3 tim vendor, dan 5 tim Pelayanan Teknik (Yantek) selama penyelenggaraan Penas Tani XVI 2023. 118 Personil ini akan bersiaga tersebar di berbagai titik lokasi acara.

PLN membentuk 18 posko, dengan 1 posko yang berada PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, 3 Posko di Lanud Tabing, 1 Posko di BIM, dan 13 Posko di lokasi acara tersebar. Posko ini berfungsi sebagai pusat pengaduan jika pelanggan membutuhkan bantuan.

PLN juga memiliki 3 buah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk pengisian daya mobil listrik dan 230 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) tersebar untuk pengisian daya peralatan listrik di lokasi-lokasi tersebar.

Disampaikan Eric, menjadi kebanggaan bagi PLN dapat mensukseskan perhelatan akbar para petani dan nelayan, serta memastikan kenyamanan seluruh tamu VVIP, seluruh tokoh, dan praktisi terkait dengan layanan kelistrikan terbaik. Eric berharap, rangkaian acara dapat berjalan lancar dan sukses dari awal hingga para tamu dan kontingen kembali lagi ke provinsi masing-masing, dengan PLN mengawal kelistrikannya. (Humas PLN Sumbar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.