Bupati Eka Putra Tinjau Jalan Rusak Parah di Tanah Datar

Jurnal Sumbar

JURNALSUMBAR | Batusangkar- Menanggapi keluhan masyarakat tentang banyak kondisi jalan yang rusak di Tanah Datar, bupati Eka Putra, Jumat( 14/7) turun langsung meninjau beberapa ruas jalan yang rusak di wilayah kabupaten Tanah Datar.

Jalan yang ditinjau bupati merupakan wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat, dan ia sudah meminta Kadis PUPR untuk mengusulkan kembali ke Pemprov. Padahal setiap musrenbang kami sudah mengusulkan untuk jalan-jalan yang ada di Tanah Datar ini agar segera diperbaiki, namun bupati masih menemukan jalan yang sangat panjang lubangnya yaitu jalan antara Ombilin menuju kota Batusangkar.

Eka Putra mengatakan, kalau ada jalan yang rusak masyarakat tahunya itu adalah tanggungjawab Pemerintah Daerah, karena tidak semua masyarakat tahu kalau itu wewenangnya Pemprov bahkan Pemerintah Pusat.Jadi kalau ada jalan yang rusak ya yang dituntut Bupatinya, padahal sejauh ini jalan yang rusak di wilayah kabupaten Tanah Datar itu wewenangnya Provinsi Sumbar, sebut bupati Eka.

PERANTAU SIJUNJUNG

Dikatakan Eka, di wilayah kabupaten Tanah Datar ada 7 (tujuh) ruas jalan adalah wewenang Provinsi. Ruas jalan Batusangkar-Atar-Setangkai-Payakumbuh, ruas jalan Batusangkar-Ombilin, Ruas jalan Batusangkar-Kubu Kerambil, ruas jalan Batusangkar-Sawahlunto, dan ruas jalan simpang Baso-Piladang.

Diakui bupati, jalan merupakan wewenang Provinsi kondisinya kurang baik, jadi Eka bermohon kepada bapak gubernur untuk memperhatikannya, minimal ada patchinglah atau ditambal jalan-jalan yang berlubang banyak itu, karena sudah banyak laporan terjadi kecelakaan lalu lintas terutama ketika hujan turun.

Sedangkan jalan merupakan wewenangnya selalu dilakukan pemeliharaan secara rutin. Untuk anggaran biaya perbaikan jalan, pemeliharaan, pelebaran tahun 2023 dianggarkan sekitar 50 milyar rupiah. Terakhir Eka berharap Pemprov Sumbar supaya bisa memperbaiki atau mengaspal jalan provinsi yang ada di wilayah kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Seterusnya Kepala Dinas PUPR kabupaten Tanah Datar melalui Kabid Bina Marga Refdizalis
menyebutkan jalan-jalan yang disebutkan bupati Eka benar adanya dan kita telah mengusulkan beberapa kali melalui surat ke Pemprov Sumbar terkait dengan permintaan perbaikan jalan provinsi yang ada di Wilayah kabupaten Tanah Datar namun belum juga digubris Pemprov sumbar dan jalan terus semakin rusak parah – habede

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.