Bupati Eka: Andaleh Bungo Expo akan Mendunia dan Menarik Wisatawan Mancanegara

153

JURNALSUMBAR | Batusangkar –
Andaleh Bungo Expo ini bisa juga terkenal dan mendunia sehingga menarik banyak wisatawan datang untuk melihat keelokan pesona alamnya dan keindahan aneka bunga-bunganya serta keramahtamahan masyarakatnya.

Bupati mengutarakan hal itu, Sabtu, (15/07), saat membuka resmi satu nagari satu event, Andaleh Bungo Expo di lapangan bola kaki Nagari Andaleh.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga memberi apresiasi tinggi kepada Pemerintahan Nagari, Panitia pelaksana, Angku-angku, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan masyarakat yang telah mengangkat kearifan lokal bertajuk Andaleh Bungo Expo.

Media lokal maupun nasional, sebut Bupati, akan dapat mengangkat Andaleh Bungo Expo ini dan dikenal baik di nusantara maupun keberbagai belahan dunia, dan ini juga butuh dukungan pemerintah, dan semua elemen masyarakat dan perantau.

Untuk itu, Bupati mengajak semua unsur, baik pemerintah, swasta atau lembaga lainnya jika ada yang akan membuat taman bunga atau semacamnya agar dapat membeli bunga-bunga indah dari Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh ini disamping juga dijadikan sebagai tempat penelitian bunga.

Dikatakan bupati,di nagari Andaleh terdapat pohon langka yang sudah hampir ribuan tahun yaitu pohon endemik Andalas yang hanya ada di pulau Sumatera itu. Dan pohon itulah yang menamai nagari Andaleh dan dijuluki sebagai nagari bunga yang diberikan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI tahun 2006 silam.

Sementara itu, Wali Nagari Andaleh Bahuri, A.Md. Pd mengajak masyarakat, wisatawan dan para pecinta tanaman hias untuk datang ke Nagari Andaleh dan berharap kepada Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk pembenahan Nagari Andaleh nagari bunga tersebut.

Setelah pembukaan, Bupati Eka Putra didampingi Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra dan pimpinan OPD berkesempatan mengunjungi stand bunga dan booth UMKM sekaligus dihadiri Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua LKAAM Tanah Datar,Camat Datar dan Wali Nagari se-Tanah Datar, Tokoh masyarakat dan undangan – habede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here