PJKIP Pessel dan LSM Lira Sentil Pengerjaan Jembatan Wisata Carocok

HLP

JURNAL SUMBAR | Pesisir Selatan – Perkumpulan Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (PJKIP) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, dan LSM Lira menyentil pengerjaan pembangunan jembatan wisata carocok Painan dengan anggaran Rp2.689.080.959.

“Ini ada yang aneh, rasanya. Masak iya, pekerjaan berpagu dana Rp2,6 miliar lebih, minim sarana informasi pengerjaannya di lokasi,” ucap Ketua PJKIP Pessel, Mario Rosy, Selasa.(25/7/2023)

Ini diketahui, terangnya, saat tak sengaja singgah dan menengok ke lokasi pada Selasa 25 Juli 2023 pukul 11:45 WIB.

idul adha

Di sana (lokasi), tidak terlihat informasi detail dari pekerjaan tersebut.

Seperti: perusahaan apa yang mengerjakannya, kapan kontraknya, berapa nomor kontraknya, berapa lama pengerjaan, dan pekerjaan ini diawasi oleh perusahaan pengawas apa.

“Ini penting diketahui masyarakat, terutama tentang perusahaan pengawas, dan berapa biaya kontrak pengawasan. Karena, terkait penggunaan keuangan negara,” ujar Mario Rosy.

Selaku PJKIP, tambahnya, sudah selayaknya pemkab melalui dinas terkait, untuk menegur rekanan pelaksana pekerjaan tersebut.

“Semua ini, demi terwujudnya keterbukaan informasi kepada publik (masyarakat),” sentil Mario Rosy.

Rekanan Turun Tawar Rp305 Juta

Pembangunan jembatan wisata carocok Painan, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Senin (24/7/2023).

Jembatan wisata tersebut, berlokasi di Muara Sungai, Kawasan Pantai Carocok Painan, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai.

Epi

Pekerjaan jembatan wisata carocok Painan, dilakukan Kontraktor Pelaksana PT Budi Jaya, yang beralamat di Jalan Ngurah Rai, Air Tawar Timur, Kota Padang, dengan nilai tawaran Rp2.383.860.178.

Kalau dilihat dari pagu awal di LPSE Kabupaten Pesisir Selatan (Rp2.689.080.959), tawaran dilakukan rekanan (pemenang lelang) ini, turun (lebih rendah dari pagu) sekitar Rp 305.220.781.

“Turun penawarannya cukup besar, dan ini jelas butuh perusahaan konsultan yang kapabel. Tapi yaa itu tadi, saat saya dan PJKIP singgah ke lokasi. Papan informasi belum ada. Idealnya, dinas terkait segera mengimbau rekanan pelaksana untuk memasangnya,” ucap Ketua LSM Lira melalui Sekretaris Rega Desfinal, Selasa siang.

Sebelumnya, dalam rilis Dinas Kominfo Pessel, dana pembangunan jembatan wisata masuk DAU 2023, dengan total anggaran Rp7,50 miliar.

Pekerjaan akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap pengerjaan selama 2 tahun.

“Dan pekerjaan saat ini, merupakan tahap I dengan pagu Rp 2.689.080.959, untuk pekerjaan tahap bawah (kaki-kaki),” ucap Devitra, Kepala Dinas PUPR Pessel.

Sedangkan sisa anggaran (dari total Rp 7,50 miliar), lanjutnya, akan dipergunakan untuk pengerjaan badan jembatan ditahap II.

“Untuk pekerjaan tahap II, akan dilaksanakan pada tahun depan (Tahun 2024),” ujarnya.

Jembatan wisata ini, lanjutnya, memakai balok Girder 2 dengan bentang 40 meter, plat lantai kombinasi beton bertulang dengan lantai kaca.

Oprit jembatan terdiri dari 2 model: untuk pengguna sepeda, dan tangga untuk pejalan kaki masing-masing lebar 1,50 meter.

“Jembatan wisata ini, hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, dan akses untuk disabilitas. Juga dilengkapi spot-spot foto yang menarik, dengan Hastag Pasisia Rancak,” ujar Devitra.

Pembangunan jembatan wisata carocok Painan, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Senin (24/7/2023).(Re)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.