Sambut Tahun Baru Islam, Mak Kotik Berikan Ceramah di Palaluar Koto VII Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung Toko budaya Minang Kabau, yang juga sang dosen luar biasa Unand bidang sastra Minang Kabau Musra Dahrizal Kotik Rajo Mandaro yang lebih dikenal dengan panggilan Mak Kotik memberikan ceramah menyambut tahun baru Islam 1445 H di Masjid Nurul Ihsan Palaluar Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 20 Juli 2023 malam.

Dalam ceramahnya yang penuh canda dan banyak menampilkan petatah petitih Minang Kabau itu Mak Kotik menyampaikan bahwa hakikat tahun hijriah adalah berpindah kepada yang lebih baik dalam melaksanakan ajaran agama Islam dikaitkan pelaksanaan adat Minang Kabau dalam kehidupan sehari hari, syarak mangato adat memakai.

Ajaran Agama Islam sudah menjadi pegangan kuat bagi masyarakat minang kabau, dan adat Minang Kabau adalah merupakan pelaksanaan nyata dari tuntutan ajaran agama Islam itu sendiri, sehingga masyarakat Minang Kabau berkembang, bertumbuh secara harmonis di bawah bimbingan dan lindungan Allah yang maha kuasa.

idul adha

Epi

Dibahagian lain dari ceramahnya sang artis pendukung film terbaru Minang Kabau yang berjudul ondeh mandeh itu juga membahas tentang peran Ninik Mamak, bundo kandung dan pemuda dalam mengembangkan dan melestarikan adat Minang Kabau di masa depan.

Tanpa adanya peningkatan peran, ninik mamak, bundo kandung dan pemuda kita khawatir akan tetap berkembang dan lestarinya adat Minang Kabau ke depan, tandas mak Kotik.

Sebelumnya telah memberikan sambutan Wali Nagari Palaluar Ebid Diana Putra dan Sekcam Koto VII Erik Sadano, S STP.

Tabligh Akbar menyambutan tahun baru 1445 H tingkat kenagarian Palaluar yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat itu dihadiri pula oleh Forkopincam dan Kepala KUA kecamatan Koto VII, Ketua KAN Limo Koto Dahlius Johan Dt. Samalano, SE. Ketua KAN dan pimpinan lembaga kenagarian Palaluar dan di meriahkan dengan penampilan tim Qasidah Rebana BKMT Palaluar serta tim Qasidah Rumah Tahfiz Nurul Ihsan Palaluar.sahril syahda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.