Usai Laksanakan Tugas di KPU Sijunjung, Gunawan Kembangkan Usaha Ternak Ayam Potong, Ini Laporannya

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Siapa yang tak kenal dengan sosok pri muda yang energik ini. Ia adalah Gunawan, SP, kelahiran Pematang Panjang (Sijunjung-red) pada 18 April 1979 silam.

Gunawan adalah aggtota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, periode 2018 hingga 2023.

Sejak tidak lagi bertugas di KPU, ia menekuni sejumlah bisnis, diantaranya usaha ayam pedaging (potong-red). “Jabatan publik adalah pemgabdian dan Ladang ekonomi adalah business,”ucapnya suatukali berkelakar dengan Saptarius, Pemimpin Redaksi Jurnalsumbar.Com.

Gunawan mempunyai seorang istri cantik asal Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung bernama Khairatul Faizah, ST dan telah dikarunia 3 orang anak.

Gunawan,SP Mantan Komisioner KPU Sijunjung
Anak sulungnya adalah Dzafran Gunawan, juga mewarisi darah organisatoris sang ayah. Tahun 2022 terpilih sebagai Parlemen Remaja Program Sekjen DPR RI mewakili Sumatera Barat,dari lima orang utusan, diantaranya ia termasuk mewakili, kini Dzafran Gunawan menjabat Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kab Sijunjung.

Pada pemilihan anggota KPU 2023, Dewi Fortuna belum berpihak kepadanya.
Namun selama Gunawan menjabat, ia salahsatu komisioner yang dekat dengan media dan disenangi dan disegani oleh pihak-pihak terkait dengan KPU karena kemampuan dan koordinasi yang baik dengan pihak luar KPU. Gunawan purna bakti sejak 16 Juni 2023 lalu.

KLB

Gunawan memahami, jabatan publik adalah pemgabdian dan ada periodesasinya. Maka ekonomi ttu harus ditunjang dgn bisnis atau usaha.

Sekarang Gunawan memperluas usaha rumah kontrakan, dan kebun sawit serta usaha ayam pedaging (ayam.potong-red) sistem konsinasi dengan temanya pengusaha ayam bernama Fauza Hidayat. SE.

Gunawan bersama istri dan anak yang selalu berbahagia

Kandangnya berada di Batu Gandang Tanjung Ampalu. “Kandang sudah sistem close house dengan kapasitas 20.000 ekor ayam. Dengan target panen tujuhkali dalam setahun,”ucap Gunawan.

Lantas berapa keuntungan satu kali panen? Gunawan hanya tersenyum, ia enggan menyebutkan takut dibilang sombong. Gunawan cuma menjawab sederhana. “Lapeh pambali lado dan untuk balanjo anak sikolah da,”ucapnya singkat.

Gunawan bersama kawan joinnya dalam usaha ternak ayam pedaging

Kesibukan Gunawan sekarang membantu pemberdayaan masyarakat secara partisipatif, seperti mendorong anak-anak tidak mampu untuk melanjtkan pendidikan kejenjang yang lebih baik dan mengajak maju bersama secara komunitas baik secara ekonomi dan pendidikan.

Terbukti, istri Gunawan punya kelompok arisan dan koperasi Ibu Mandiri Berprestasi (IMB) di Palangki dan dinyatakan sehat oleh Dinas Dagprinkop UKM Sijunjung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.