300 Ekor Sapi Bali di Sawahlunto di Vaksin Jembrana

HLP

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto melakukan vakasinasi kepada 300 ekor sapi Bali yang ada dikota ini. 300 dosis vaksin Jembrana itu upaya mencegah penyakit hewan yang diakibatkan oleh virus Jembrana.

Kepala Bidang Peternakan drh. Fery Oktaviantris menjelaskan, vaksinasi Jembrana merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan terhadap penyakit hewan, karena penyakit Jembrana sampai saat ini masih merupakan penyakit hewan yang perlu diwaspadai yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi masyarakat peternak.

Epi

“Bersumber dari dana Provinsi tahun 2023 sebanyak 300 dosis telah di distribusikan kelokasi sasaran vaksin. Harapannya dapat mengendalikan penyakit Jembrana pada sapi Bali khusunya di kota ini,” jelasnya.

idul adha

Lebih jauh dijelaskannya, pencegahan penyakit jembrana dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi dan peningkatan daya tahan tubuh sapi. Vaksinasi jembrana diberikan dua kali setahun bagi sapi yang belum pernah di vaksin, akan tetapi untuk sapi yang sudah pernah di vaksin, akan diberikan satu kali saja dalam satu tahun.
“Target kita sebanyak 500 dosis, tapi baru 300 dosis yang di alokasikan untuk Sawahlunto. Untuk memenuhi target kita upayakan meminta penambahan dosis vaksin ke Provinsi, semoga kekurangannya bisa terealisasi jelang akhir tahun ini,” sebutnya. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.