BUMDes Saiyo Lumindai Sawahlunto Dinilai Tim Provinsi Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Masuk nominasi tujuh besar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berprestasi tingkat Sumatra Barat, BUMDes Saiyo Desa Lumindai Kecamatan Barangin kota Sawahlunto diveriifikasi lapangan oeh tim penilai BUMDes Berprestasi Provinsi Sumbar turun ke Lumindai, Senin (31/7/2023).

Koordinator Tim Penilai Mirza Iswandi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sumbar mengatakan pihaknya datang untuk peninjauan lapangan dan wawancara dengan pengelola BUMDes serta masyarakat.

“Seperti proses penilaian pada umumnya, kami ingin memastikan kesesuaian bahan administrasi dengan fakta dilapangan. Kami turun langsung dan mencari data faktual dengan melakikan wawancara dengan pengelola dan masyarakat,” jelasnya

Epi

Ekspos Direktur BUMDes Saiyo Nella Roska Yuliani menyebutkan, BUMDes Saiyo mengalami pertumbuhan yang signifikan, yakni sumbangannya ke Pendapatan Asli Desa (PAD) Lumindai meningkat setiap tahunnya. Dimana pada 2022 lalu menyumbang PAD sebesar Rp.11 juta.

“Memang secara nominal angkanya belum mencapai ratusan juta, namun hal itu tidak masalaha karena kehadiran BUMDes kita tidak semata-mata mencari keuntungan yang banyak, tapi juga bagaimana masyarakat terbantu dan diringankan usahanya,” kata Nella.

Adapun bidang usaha yang dikelola BUMDes SaiyoLumindai, yakni fotokopi dan Alat Tulis Kantor (ATK), pembayaran online (pulsa, token, top up digital, dan lain-lain), pangkalan gas LPG 3 Kg, produksi gula aren, kios pupuk, minyak wangi dan parfum laundry.

Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang menyambut tim verifikasi tersebut menyampaikan Pemko mengapresiasi dan mendukung BUMDes Saiyo, karena terpantau berhasil mengelola dan memanfaatkan potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa tersebut dengan baik.”Harusnya semua BUMDes bisa seperti BUMDes Saiyo ini. SDA dan SDM di desa terkelola, sehingga masyarakat terbantu dan ikut merasakan pertumbuhan ekonomi,” katanya. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.