Manfaatkan Bahan Pangan Lokal, DKP3 Sawahlunto Gelar Lomba Olahan Pangan B2SA

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) kota Sawahlunto gelar lomba pengolahan pangan lokal Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman (B2SA), pada Rabu (23/8/2023) kemarin di Kebun Buah Kandi. Lomba yang diikuti 12 kelompok perwakilan Empat Kecamatan yang ada itu keluar sebagai juara satu PKK Desa Talawi Hilir, Juara Dua PKK Desa Datar Mansiang dan Juara Tiga PKK KelurahanTanah Lapang.

Kepala DKP3 Sawahlunto, Henny Purwaningsih, menyebut, lomba mengutamakan bahan pangan lokal, daun kelor dan petai Cina. Adapun jurinya dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat drh. Derbi Hermayeni, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Enggriyani, SSt dan Instruktur Chef dari Royal Asia Collegge Kota Padang Arisman, dengan total hadiah Rp6 juta.

Henny menyebut, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan diversifikasi pangan, penganekaragaman pangan lokal dan mencintai tanaman lokal.

Epi

“Dengan memanfaatkan bahan pangan disekitar, dapat menjadi inovasi makanan yang bergizi, seimbang, beragam dan aman bagi keluarga di Sawahlunto. Dan dari hasil inovasi dan kreasi ini bisa menjadi makanan yang dikonsumsi sendiri dan juga dikembangkan untuk dikomersilkan,” ujarnya.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat membuka dan mnyerahkan hadiah lomba tersebut menilai inovasi yang dibuat peserta lomba B2SA luar biasa.

“Makanan enak tidak perlu mahal, dengan memanfaatkan bahan yang ada dilingkungan disekitar bisa menjadi olahan pangan yang bergizi dan bernilai komersil,” sebutnya.

Disebutkannya juga, dengan menu baru dengan bahan dasar yang mudah didapat serta memiliki gizi yang seimbang, tentu kedepannya bisa dikembangkan menjadi menu komersil dan itu akan dapat menjadi peluang ekonomi masyarakat khususnya ibu rumah tangga. Kiy

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.