Bupati Eka Putra: Ketersediaan Bawang Merah Tanah Datar Mampu Kendalikan Inflasi

JURNALSUMBAR | Batusangkar-.Kabupaten Tanah Datar memiliki ketersediaan bawang merah  mencukupi, bahkan surplus. Selain ketersediaan cabai, tomat dan beberapa komoditas lainnya, ini sangat mendukung pengendalian inflasi di Tanah Datar.

Demikian dijelaskan Bupati Eka Putra, Kamis (21/9) di Jorong Tigo Batur Nagari Parambahan Lima Kaum.

Dikatakam Eka, keberhasilan Tanah Datar dalam pengendalian inflasi di apresiasi Pemerintah Pusat dengan menjadi Terbaik 1 di Wilayah Sumatra dalam TPID Award beberapa waktu lalu seraya menyebutkan Kasat Lantas Polres Tanah Datar yang bertanam bawang merah yang di panen turut membantu ketersediaan bawang merah di Luhak Nan Tuo.

Bertani bawang merah, sebut Eka, disamping meningkatkan perekonomian petani bawang juga mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, karena perkebunan tersebut mampu menampung 51 tenaga kerja setiap hari.

Ditambahkannya,Tanah Datar  sudah memiliki berbagai varietas unggulan asli Tanah Datar, seperti Sumbu Marapi untuk varietas bawang merah, Bujang Marantau untuk varietas tanaman padi dan beberapa lainnya dan diharapkan ke depan para petani memanfaatkan varietas asli itu.

Epi

Sebelumnya Kasat Lantas Polres Tanah Datar Iptu Hidayanda Rizki selaku pemilik lahan pertanian tersebut menyampaikan, terima kasih atas kesediaan Bupati Tanah Datar untuk melaksanakan panen perdana di lahan pertanian.

Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati atas kehadirannyang tentu memberikan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik mada mendatang, sebut Rizki seraya mengatakan lahan seluas  dua hektar ditanam bawang merah varietas birma berasal dari Kabupaten Solok.

Dipilih varietas ini, karena beberapa pengembangan mampu berkembang di dataran rendah dan suhu panas. Bahkan masa tanam sampai panen di daerah asalnya tiga  bulan 14 hari, di pangkas menjadi dua bulan lima hari, imbuh Rizki.

Kasat Rezki juga menyebutkan, keberhasilannya dalam bertani Bawang Merah berkat dukungan Kapolres Tanah Datar dan juga tim serta para petani bawang merah sekaligus
mengucapkan  terima kasih atas dukungan pak Kapolres dan tim serta support dari Pemerintah Daerah Tanah Datar.

Kegiatan panen perdana bawang merah dihadiri Forkopimda, Kabag Prokopim, Kabid Dinas Pertanian, Camat Lima Kaum, penyuluh pertanian dan undangan – habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.