Gelora Perjuangan Para Pahlawan Tetap Pijar Lestari Pada Generasi Penerus

HLP

JURNAL SUMBAR | Jakarta _ Peristiwa heroik kepahlawan setiap tanggal 10 November selalu dikenang agar gelora perjuangan para pahlawan masa lalu tetap pijar lestari pada generasi penerus. Untuk itu Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri beserta para purnawirawan dan keluarga besar menyelenggarakan Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan di Gereja Anak Domba Santo Yohanes Maria Vianney, Paroki Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (17/11).

Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan dengan tema “Mewujudkan Gereja Sinodal Menghidupi Semangat Kepahlawanan” dihadiri sekitar 820 umat dipimpin Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo selaku Uskup Umat Katolik TNI-Polri atau Ordinariatus Castrensis Indonesia (OCI).

Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo dalam homilinya menekankan, dalam memperingati Hari Pahlawan hendaknya kita tidak hanya mengingat jasa para pahlawan nasional saja. Melainkan juga harus mengenang semua pengorbanan para pejuang yang telah banyak berjasa dalam bidang apapun untuk kemerdekaan bangsa kita, bahkan pahlawan tak dikenal sekalipun.

idul adha

“Sejalan dengan hal tersebut, momentum kepahlawanan bagi umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri bersama paguyuban purnawirawan dan warakawuri umat Katolik diudang dalam Pesta Perayaan Rohani ini untuk berjalan bersama,” kata Mgr Kardinal Suharyo.

Epi

Ditambahkannya, dengan mewujudkan Gereja Sinodal menghidupi semangat kepahlawanan, agar dimampukan Tuhan tetap terus mengabdi bagi keutuhan bangsa Indonesia dan Gereja.

“Ajakan mewujudkan Gereja Sinodal adalah salah satu cara dan upaya Gereja Katolik untuk mendengarkan suara dunia dan menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh dunia,” pesan Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo.

Dalam kesempatan itu, Uskup OCI Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo didampingi Romo Kolonel Sus Yos M.M Bintoro, Pr; Romo Albertus Hendaryono, Pr; Romo Thomas AQ. M. Rochadi, Pr; Romo Yohanes Radityo Wisnu Wicaksono, Pr; Romo Antonius Dwi Haryanto, Pr; Romo Aloysius Tri Harjono, Pr; dan Romo Antonius Suhardi Antara, Pr.

Bertindak selaku panita penyelenggara pada Perayaan Ekaristi Hari Pahlawan Gartap I/Jakarta tahun 2023 kali ini dari TNI-AL dengan Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E, Pamen Sopsal Mabesal. (DEY)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.