Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara, Sijunjung Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sehat 2023

861

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekjen Depdagri Dr H Suhajar Diantoro M.Si kepada Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si.

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Diakhir penghujung tahun 2023, ternyata Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI.

Pemberian Penghargaan Swasti Saba Wistara itu disaksikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi didampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Sekjen Depdagri
Dr H Suhajar Diantoro M.Si di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan bergengsi di bidang kesehatan tersebut diserahkan pada Malam Anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award 2023.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekjen Depdagri Dr H Suhajar Diantoro M.Si kepada Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si.

Healthies,
Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 59, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada Kabuoaten/Kota (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award. Acara ini disiarkan secara langsung melalui Youtube Kementerian Kesehatan RI melalui link:

Dengan diraihnya penghargaan Swasti Saba Wistara tersebut, Sijunjung dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat 2023–karena dinilai berhasil menjalankan program Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Diterimanya Penghargaan Swasti Saba itu semakin menambah daftar panjang penghargaan atas kinerja positif yang diraih Pemkab Sijunjung yang saat ini dipimpin Duet Bupati-Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si – H. Iraddatillah, S.Pt.

Diterimanya penghargaan Swasti Saba tersebut dibenarkan Kadis Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP.

“Iya benar, bapak Bupati Sijunjung, Benny menerima langsung penghargaan tersebut,”kata David pada Jurnalsumbar.Com, Selasa (28/11/ 2023) malam.

David Rinaldo Kadis Kominfo Sijunjung

Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS), Fajar Septrian, SE, dan Sekretris
Bapppeda Sijunjung, Harry Oscar Hidayat, S.STP, M.Si, juga membenarkan Sijunjung meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara dan Dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat 2023.

Fajar Septrian, Ketua FKSS

“Alhamdulillah, Sijunjung berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara,”ucap Fajar, Rabu (29/111/2023). “Selamat utk kawan-kawan forum atas kinerja luar biasanya.,”tambah Sekretaris Bapppeda Sijunjung.

Ketua FKSS Fajar Septrian berfoto bersama bupati usai meraih penghargaan

“Untuk diketahui, program Kabupaten Kota Sehat (KKS) bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk karier dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya,”sebut Fajar.

Ditambahkan Fajar, bahwa penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) bukanlah sebuah lomba melainkan penghargaan pemerinta pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

“Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Ada 7 tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat,”imbuhnya.

Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil. Kriteria penghargaan adalah Padapa kualifikasi pemantapan (2 tatanan); Wiwerda untuk kualifikasi pembinaan (3 tatanan); dan Wistara untuk kualifikasi pengembangan (5 tatanan).

Sekretris Bapppeda Sijunjung, Harry Oscar Hidayat, S.STP, M.Si,

Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Ketua Forum Yanlik Kabupaten Sijunjung, Saptarius, mengapresiasi atas penghargaan yang telah diraih Pemkab Sijunjung.

Saptarius, Ketua F.Yanlik Kabupaten Sijunjung

“Itu bukti nyata, kinerja yang dilakukan Pemkab Sijunjung kian membaik.Nah, selamat buat Pemkab Sijunjung yang telah dinobatkan sebagai kabupaten sehat dengan kategori sebagai penerima penghargaan Swasti Saba Wistara,”ucap Pemred Jurnalsumbar.Com itu.

Untuk itu, Bupati Benny juga mengucapkan terimakasih pada semua pihak atas telah berhasilnya Sijunjung Dinobatkan sebagai kabupaten sehat.

Bupati-wabup Sijunjung, Benny-Radi selalu kompak dan harmonis bersama membangun Sijunjung

“Kerja keras ini akhirnya membuahkan hasil. Alhamdulillah, swasti saba wistara, bisa kita dapatkan pada 2023 ini–yang merupakan penghargaan untuk kabupaten sehat,” ungkap Bupati Benny.

Benny mengapresiasi seluruh SKPD terkait dan seluruh tim pembina dan juga Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS), dan Pokja Nagari Sehat, yang telah bersama sama mewujudkan Sijunjung Kabupaten Sehat.

“Dengan hasil ini, tentu Kabupaten Sijunjung semakin direkomendasikan sebagai kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat. Baik untuk masyarakat kita, maupun untuk para wisatawan yang akan berkunjung. Terima kasih atas kerja keras kita semua,” ucap alumni IPDN yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sijunjung dan mantan birokrat itu tersenyum bangga atas sejumlah prestasi yang telah diraihnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here