Terkait Rakornas Geopark Indonesia, Ini Kata Kadis Kominfo Sijunjung David Rinaldo,S.STP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sejumlah Wartawan berbagai media, siap mendampingi peserta Rakornas Geopark Indonesia, untuk mengunjungi tempat wisata di Ranah Lansek Manih.

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Sijunjung, David Rinaldo,S.STP, di Muaro Sijunjung Minggu (19/11/2023).

Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung ditetapkan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark Indonesia pada 19-22 November 2023.

Delegasi Rakornas ini, sampai Muaro minggu (19/11/2023), kegiatan akan di mulai Senen (20/11/2023) di Gedung Pancasila Muaro.

Bappenas selaku Ketua Komisi Perencanaan dalam Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), sebagaimana Perpres Nomor 09 tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark), akan menyelenggarakan Rakornas dengan seluruh pemangku kepentingan.

Ratusan Delegasi Peserta Rakornas Geopark Indonesia Berdatangan ke Ranah Minang Sijunjung

Epi

Menurut David, rakornas tersebut bakal diikuti 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional.

Kemudian 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi juga akan menghadiri Rakor yang berlangsung selama empat hari tersebut.

Melalui Rakornas, diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs).

Metodologi Rakornas terdiri dari materi oleh narasumber, diskusi, rapat kerja, Focus Group Discussion (FGD), rumusan hasil serta observasi geosite.

Lembaga donor, Non Govermental Organization (NGO) serta media lokal juga ikut serta penuh saat Rakornas nanti.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia dalam penyambutan tamu dan acara yang akan diselenggarakan. Acara Akbar Nasional itu diagendakan mulai dari penjemputan dihari Minggu ( 29/11/2023). Registrasi dan Acara pembukaan, penyampaian materi, diskusi, workshop di Gedung Pancasila Muaro, Senin (20/11/2023).

Selanjutnya, Selasa, (21/11/2023) menikmati Amazing Fieldtrip bagi peserta yang dibagi ke beberapa tempat objek wisata kebanggaan Ranah Lansek Manih diantaranya Geopark Silokek, Jambu Lipo, Air Terjun Batang Taye, Arum Jeram, Nagalu Talago, makan bajamba dan penutupan di RTH.ril/al

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.