Bentuk Kepedulian Pemkab Sijunjung, Dinas Satpol PP & Damkar Bangun Posko Damkar di Palangki

1251

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat, melalui Dinas Satpol PP & Damkar, Pemkab Sijunjung, Sumatera Barat, membangun sebuah posko pemadam kebakaran (Damkar) di Palangki, Kecamatan IV Nagari.

“Ini dilakukan sebagai bentuk partasipasi pada masyarakat. Maka dibangun posko Damkar dan Penyelamatan di Palangki,”kata Kepala Dinas Satpol PP & Damkar, Welfiadri, S.Sos, M.Pd, Kamis (30/11/2023) malam.

Welfadril Kadis Pol PP

Menurut mantan Inspektur Daerah itu, posko Damkar didirikan dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan di wilayah Kecamatan IV Nagari. Ia bersama “pasukan”nya pun bajibaku membangun posko.

Welfiadril mengatakan, posko tersebut berdiri sebagai komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan keselamatan dari ancaman bahaya kebakaran kepada masyarakat.

“Yang paling penting itu adalah respon time, kecepatan. Bagaimana kita memberikan respon cepat agar tingkat kerusakan akibat bencana dapat diminimalisir karena tidak satu pun kita bisa merencanakan suatu bencana, olehnya kecepatan yang diutamakan,” kata putra asli Muarobodi itu.

Kata dia, wilayah Kecamatan IV Nagari merupakan wilayah perkembangan usaha baru dan tidak sedikit investor mengembangkan usahanya. Untuk itu pemerintah harus hadir memberikan pelayanan dalam situasi terburuk sekalipun.

“Mudah-mudahan komitmen itu bisa memberikan keyakinan kepada masyarakat maupun para investor untuk bersama-sama membangun kota ini. Dengan hadirnya posko ini juga diharapkan tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin tinggi,” katanya.

Untuk ketersediaan air, Welfiadril tak kuatir, karena disepanjang aliran sungai Palangki dapat dimanfaatkan. Artinya, tidak akan menghabiskan anggaran APBD.

Dijelaskannya, saat ini daerah yang belum ada Posko Damkar, yakni, Kecamatan Lubuktarok, Kupitan dan Koto VII.

“Kita harapkan, kedepannya segera dibangun Posko Damkar di wilayah tersebut,”tambahnya.*

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here