Lewat Forum Konsultasi Publik, Bapppeda Sijunjung Gelar Rancangan Awal RKPD Tahun 2025

807

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung Tahun 2025 di Balairung Lansek Manih Kabupaten Sijunjung pada Senin (5/2/2024).

Kegiatan tersebut diawali laporan panitia penyelenggara yang disampaikan Sekretaris Bapppeda Sijunjung, Harry Oscar Hidayat, SSTP, M.S.

Disebutkan Harry Oscar, dalam kegiatan tersebut membahas tema, “Pemantapan Kualitas Hidup Masyarakat Disegala Bidang yang Berkarakter dan Inklusif”.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Redi Susilo, juga menyampaikan sambutannya tentang kegiatan yang dilakukan DPRD Sijunjung.

“Kami baik-baiksaja dan akan baik-baik saja, kami dengan pak Radi akan selalu bersama dan baik-baik saja dan beda dengan daerah lain,”ucap Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP,M.Si dalam mengawali sambutannya pada kegiatan tersebut.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa menjelaskan, dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 yang merupakan dokumen perencanaan tahunan dan penjabaran lebih detail dari RPJMD/RPD maupun RPJPD.

“Masukan saran dan pendapat dari seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan untuk menjawab kebutuhan pembangunan yang diperlukan dan tepat sasaran”.

“Perlunya forum konsultasi publik ini sebagai sarana untuk berdiskusi dan bertukar pendapat menyikapi prioritas pembangunan di tahun 2025 yang akan dituangkan dalam dokumen RKPD untuk pencapaian makro,” ujar Benny sembari menyebutkan posisi Sijunjung IPM naik dari rengking ke-tiga dari belakang (Mentawai-Red) kini menjadi rengking ke-12.

Benny menuturkan isu strategi Rencana Pembangunan tahun 2025 berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sijunjung serta penyelarasan terhadap isu aktual.Capaian dan keberhasilan Sijunjung menargetkan 10 besar di Provinsi Sumbar.

Pertama, yakni peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan berkualitas serta percepatan penyelenggaraan reformasi birokrasi dan IPM juga mengalami naik.

“Akan kita glontorkan anggaran pendidikan sebanyak mungkin dengan inovasi POM Bensi dengan paket pendidikan, A,B dan C. “Diharapkan dapat perbaharuhi kartu kekuarga. Peningkatan ekonomi masyarakat ditingkatkan,”papar bupati.

“Penyediaan infrastruktur pelayanan dasar, peningkatan infrastruktur pendukung perekonomian dan kesadaran masyarakat untuk memelihara fasilitas umum.

Tak hanya itu, optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam sebagai pendorong perekonomian masyarakat dan potensi produk unggulan daerah juga dilakukan. Seperti dengan adanya pabrik sawit yang telah berdiri. Begitu juga soal BPJS juga dikupas Buapti Benny dihadapan peserta Forum Konsultasi Publik itu.

Bahkan bupati juga menyebutkan Pemkab telah menyediakan APBD untuk biaya siswa, baik untuk perkukiahan maupun biaya tingkat, SD, SMP maupun SMA.

Pemkab juga mengoptimalisasi pelatihan kemasyarakatan desa, pemberdayaan desa, administrasi desa, peningkatan kapasitas aparatur desa dan sinergitas pembangunan antara Pemerintah Desa dan Kabupaten.

“Pemkab juga meningkatkan guru tafis dan pemberian insentif kapasitas ninik mamak sebanyak Rp75 ribu/bulan, totalnya mencapai Rp2 miliar lebih,”papar Bupati.

“Diharapakan pada Forum Pelayanan Publik untuk memaksimalkan agar pelayanan di OPD lebih baik lagi pelayanannya. Diharapkan sesegera mungkin RSUD Pratama bisa beroperasi,”tambah bupati sembari menyebut infrastruktur ruas jalan Sumpurkudus, Sijunjung-Mangganti segera dibangun dengan anggran APBN.

“Diharapkan pemangku kepentingan yang hadir mampu bersinergi dan berkomitmen untuk membangun Kabupaten Sijunjung ke arah yang lebih baik terutama penghapusan angka kemiskinan ekstream dan penanganan stunting,” tutupnya.

Kegaiatan tersebut menampilkan pemateri Kepala BPS Sijunjung, Riqadli,S.Si,MM, dan Kepala Bapppeda Sijunjung, Dra Yuni Elviza, MT, dipandu Asisten 3 Setda dr.Edwin Suprayogi, M.Kes.

Hadir kesempatan itu, Wakil Bupati Iraddatillah, DPRD, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung serta undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here