Balimau, Tradisi Unik di Pemandian Telabang Sakti Kamangbaru Sijunjung Jelang Ramadhan

1082

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ribuan warga mendatangi kawasan wisata Telabang Sakti Kabangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, dengan tradisi Balimau atau mandi mandi bersama sehari menjelang ramadhan, pada Senin (11/3/2024).

Lengkapnya simak laporan Wartawan Jurnalsumbar.Com, Bram, Nasriel dan Hardi dari Biro Kambangbaru.

Wartawan Jurnalsumbar.Com, Bram, Nasriel dan  Hardi dari Biro Kamangbaru

Tempat pemandian Telabang Sakti di Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, hari ini, benar-banar dipadati ribuan warga yang datang dari berbagai wilayah.

Mereka menjalankan tradisi Balimau.
Tradisi tersebut dimaksudkan untuk membersihkan dan menyucikan jiwa raga agar siap menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Namun, bila dahulu warga datang sambil membawa jeruk limau atau jeruk nipis untuk membersihkan diri, kini warga menggantikannya dengan sabun mandi.

Kegiatan seperti itu tetap berlansung pada setiap tahun, tempat pemandian tersebut didatangi warga dari Teluk Kuantan Riau dan Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya Sumatera Barat.

Menurut pemilik tempat wisata Telabang Sakti Kamangbaru, Sijunjung, Syahbuddin Datuk Sinaro (Dt Abu-red), mengatakan ditempat ini semenjak didirikan berapa tahun lalu setiap setahun sekali menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri kemudian hari libur nasional terus dipadati warga yang akan menikmati hiburan dan mandi bersama keluarga mereka.

“Apalagi dalam menjelang bulan suci Ramadhan ini yang di sebut dengan balimau ini, merupakan tradisi pada setiap tahun menjelang memasuki Ramadhan,”kata Datuk Abu yang juga Dewan Redaksi dan Kepala Biro Jurnalsumbar.Com, Kamangbaru, Dharmasraya, Riau-Jambi itu.

Ditambahkan Datuk Abu, di tempat ini banyak permainan yang disediakan diantaranya, seluncuran dan perahu yang membuat anak bersama keluarga betah bermain di tempat wisata Telabang Sakti.

Dt Abu Owner Telabang Sakti

“Warga yang datang tidak hanya dari Kabupaten Sijunjung, melainkan banyak warga dari luar daerah yang berkunjung untuk mengikuti tradisi ini,”tambah Datuk Abu seperti dilaporkan Wartawan Jurnalsumbar.Com, Hardi, Bram dan Nasriel.

Bahkan, kata Camat Kamangbaru, Asrijal,SH, untuk pengamanan, personel gabungan terdiri dari Polsek Kamang Baru bersama Satuan Lalu lintas Polres Sijunjung bahkan dari Puskesmas Kamangbaru pun diturunkan untuk melaksanakan pengamanan di objek wisata Telabang Sakti, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung itu.

Sementara pihak kepolisian dalam keterangannya saat dilokasi wisata Telabang Sakti menyampaikan untuk menjaga ketertiban dan keamanan pengunjung, Polres Sijunjung berkolaborasi dengan Polsek Kamang Baru menerjunkan personel untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat yang sedang mandi ‘balimau’, acara tradisi masyarakat memasuki bulan Ramadhan.

“Dengan banyaknya pengunjung yang diperkirakan kurang lebih 2000 orang berpotensi ada gangguan ketertiban dan keamanan, untuk mencegah gangguan kamtibmas inilah kami hadir memberikan tindakan preventif dengan berpatroli untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat saat berwisata,” ujar petugas kepolisian daerah setempat.har/bra/nas/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here