Ditandai Peletakan Batu Pertama, Melalui Baznas Pemkab Sijunjung Bangun Jamban Layak di Buluhkasok

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S .STP, M.Si, melakukan peletakan batu pertama pembangunan jamban layak bantuan Baznas Kabupaten Sijunjung di Jorong Taratak Nagari Buluahkasok, Kecamatan Lubuktarok, pada Selasa (19/3/2024).

Pada kesempatan peletakan batu pertama untuk pembangunan jamban layak untuk warga kurang mampu dan beresiko stunting—Meta Agus Putri itu setelah Bupati Sijunjung dilanjutkan secara berturut Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung Ny.Riri Benny, Asisten 1 dan Asisten 2 Sekda, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Roni Satria , S.STP. Waka 2 Baznas Syahril Syahda dan Camat Lubuaktarok.

Menurut Pimpinan Baznas Kabupaten Sijunjung Waka 2 Syahril Syahda acara peletakan batu pertama Jamban Layak yang langsung di lakukan oleh Bupati Sijunjung beserta sejumlah pejabat Pemda itu merupakan pertanda di mulainya pembangunan 6 unit jamban layak bantuan Baznas Kabupaten Sijunjung bagi keluarga kurang mampu dan beresiko stunting di Nagari Buluahkasok, Kecamatan Lubuaktarok.

Untuk membangun 6 unit jamban layak itu, Baznas Kabupaten Sijunjung menyalurkan dana zakat sebesar Rp33 juta.

PERANTAU SIJUNJUNG

Untuk satu unit jamban layak dialokasikan dana sebesar Rp5,5 juta dengan rincian Rp4,4 juta untuk bahan bangunan dan Rp1,1 juta untuk upah.

Dikatakan oleh Syahril Syahda, penyaluran dana zakat untuk pembangunan layak adalah merupakan usulan UPZ Dinas PPKB bersama Camat Lubuaktarok dan Walinagari Buluahkasok dalam rangka mendukung Pemda Kabupaten Sijunjung mengurangi warga yang beresiko stunting yang dialokasikan dalam Program Sijunjung Sehat.

Kegiatan pembangunan jamban layak ini akan dilaksana dalam bulan Maret 2024 di bawah tanggung Jawab UPZ dan Walinagari Buluahkasok.

Sebelum kegiatan peletakan batu pertama pembangunan jamban layak itu, Bupati Benny Dwifa Yuswir telah menyerahkan secara simbolis bantuan Baznas sejumlah Rp33 juta kepada Mustahik penerima manfaat keluarga kurang mampu yang beresiko stunting yang di wakili oleh Meta Agus Puti, warga Jorong Taratak, Nagari Buluhkasok tersebut.

Adapun mustahik penerima pembangunan jamban layak itu, terdiri dari; Vivi Konzena warga Nempis Darti dan Meta Agus Putri, ketiganya warga Jorong Koto. Kemudian, Haimuristi, Desmita Putri, dan Elpita Putri ketiganya dari Jorong Taratak–semuanya di berada di Nagari Buluahkasok.ss

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.