KPU Sijunjung Gelar Evaluasi Kinerja Badan Ad Hoc dan Silaturahmi Penyelenggara Pemilu 2024

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, mengadakan rapat evaluasi kinerja badan Ad Hoc serta silaturahmi penyelenggara Pemilu (pemilihan umum) serentak tahun 2024.

Acara yang dikemas KPU itu dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari delapan kecamatan di Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, pada Kamis (4/4/2024).

Kegiatan silaturahmi ini mengundang Ketua Bawaslu, unsur Forkopimda, serta stakeholder terkait dalam tahapan Pemilu 2024 termasuk wartawan juga hadir.

Ketua KPU Sijunjung, Dori Kurniadi, menuturkan, evaluasi kinerja tersebut dilakukan sebagai upaya agar tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang bisa maksimal.

“Jelang Pilkada kota/kabupaten serta provinsi yang akan datang setelah proses pemilu presiden dan legislatif ini dilakukan, tentunya evaluasi ini sebagai catatan apa saja yang menjadi hambatan dan kekurangan yang terjadi didalam proses pemilu,” tutur Dori.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Juni Wandri, S.H.,M.Kn., secara terpisah menyebutkan, pada proses Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan tertib.

Pada sesi pertama membahas evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan narasumber Dr.Eka Vidya Putra, S.Sos.,M.Si., dengan moderator Juni Wandri, S.H., M.Kn.,dan pada sesi kedua membahas tentang evaluasi kinerja Badan Adhoc pada masing-masing divisi dengan menampilkan narasumber Ketua/Anggota KPU Sijunjung dan moderator Ketua/Anggota KPU Sijunjung.

Tampil sebagai pembicara dalam evaluasi itu adalah peneliti dari Revolt Institute Dr. Eka Vidya Putra, M.Si, yang juga pengajar UNP.

“Berbicara tentang Pemilu ditinjau dari output adalah berhasil. Karena telah terpilih anggota legislatif dan terpilih presiden/wakil presiden meskipun ada proses lanjutan di MK,” kata Eka mengungkapkan.

“Tetapi ditinjau dari outcome, Pemilu kita masih belum memenuhi harapan, karena belum berhasil mewujudkan kesejahteraan rakyat,” sebut Eka.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh ketua bersama seluruh anggota KPU, Bayu Agung Perdana, Juni Wandri, Ria Meilani serta Susila Andika dan sekretaris KPU itu, diserahkan juga hadiah kepada penyelenggara Pemilu 2024.

PERANTAU SIJUNJUNG

Nagari dengan partisipasi masyarakat tertinggi adalah Nagari Lubuk Tarantang (93,43%), disusul Nagari Tanjung Kaliang (91,63%) dan Nagari Sungai Betung (89,18%).

TPS dengan partisipasi masyarakat tertinggi yaitu TPS 002 Nagari Lubuk Tarantang (100%). Kemudian TPS 901 Nagari Muaro (98,92%) dan TPS 006 Nagari Aie Amo (97,94%).

Untuk kategori penginputan daftar pemilih terstruktur dimenangkan oleh PPK Kupitan, PPK Sijunjung dan PPK IV Nagari.

Sementara itu, kegiatan itu juga bersamaan dengan buka puasa bersama dengan seluruh tamu undangan yang hadir.

Berikut Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung dan Jabatannya:

DORI KURNIADI, S.Pd.

Nama  : DORI KURNIADI, S.Pd.
Jabatan : Ketua KPU/Ketua Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik

BAYU AGUNG PERDANA, S.IP

Nama  : BAYU AGUNG PERDANA, S.IP.
Jabatan: Anggota KPU/Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan

JUNI WANDRI, S.H., M.Kn.

Nama   : JUNI WANDRI, S.H., M.Kn.
Jabatan: Anggota KPU/Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia

Nama   : RIA MEILANI, S.Pd.
Jabatan: Anggota KPU/Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Nama: SUSILA ANDICA, S.Sos.I.
Jabatan: Anggota KPU/Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan.*

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.