Bersama Andre, Bupati Sijunjung dan Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ini yang Dibahas

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, kembali menindaklanjuti aspirasi terkait pembangunan di Sumbar, terutama terkait rusaknya jalan nasional di beberapa titik di kabupaten dan kota.

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu langsung menemui Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Hedy Rahadian.

Andre didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir. Bupati Solok Selatan (Solsel) Khairunnas diagendakan juga untuk ikut hadir tapi terkendala perjalanan ke luar dari Solsel yang cukup lama karena jalan yang rusak antara Solsel sampai ke Kabupaten Solok, terutama di Air Dingin, Kecamatan Lembat Gumanti, Solok.

“Hari ini (Senin, 22/4/2024-red), kami bersama Bupati Tanah Datar dan Bupati Sijunjung bertemu Dirjen Bina Marga PU PR pak Hedy. Alhamdulillah beliau memberikan waktu untuk berdiskusi. Yang kami bahas adalah soal percepatan pembangunan di Sumbar. Termasuk sangat urgennya perbaikan jalan ke Air Dingin dan Surian di Kabupaten Solok,” kata Andre, yang sebelumnya juga sudah berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP, dalam keterangan tertulis, Senin (22/4/2024) seperti dikutif detik.news.

Andre memastikan telah mendapatkan dokumen terkait penghentian tambang di kawasan tersebut yang diduga menjadi penyebab utama rusaknya jalan nasional tersebut.

“Alhamdulillah, dokumen sudah kami serahkan. Kami terima dari Dinas ESDM, DPMPTSP bahwa sudah ada surat penghentian sementara tambang. Surat ini sudah kami berikan ke Dirjen. Pak Dirjen menjawab seluruh keresahan masyarakat Sumbar, tahun ini juga jalan Air Dingin-Surian segera diperbaiki di tahun 2024,” kata Andre.

Andre politisi Gerindra
Epi

Andre Rosiade menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga atas bantuan percepatan agar jalan Air Dingin-Surian yang menjadi aspirasi masyarakat Kabupaten Solok dan Solok Selatan itu bisa terwujud segera.

“Karena terus terang, Bupati Solok Selatan juga harusnya hadir, namun kesulitan keluar dari Solok Selatan. Tapi Alhamdulillah, segera dieksekusi Kementerian PUPR,” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar itu.

Merespons hal tersebut, Dirjen Hedy Rahadian mengatakan terkait jalan di Air Dingin-Surian karena ada longsoran, aktivitas tambang mengakibatkan susahnya memperbaikinya.

“Jadi kami kesulitan kalau kegiatan tambang ini tak dihentikan, ini sudah disepakati dengan Pak Andre bahwa sudah ada surat penghentiannya. Segera bisa dikerjakan,” kata Hedy.

Bupati Benny

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP., M.Si., “Saat ini saya sedang di dinas luar daerah,”ucapnya, Senin (22/4/2024) kemarin.

Ketua DPD Golkar Sijunjung itu bersama Bupati Tanah Datar, Eka Putra, S.E., M.M., mendampingi Andre menemui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Kehadapan Dirjen Bina Marga, Benny menyampaikan terkait jalan lintas sumatera (Jalinsum) termasuk jalan provinsi yang melintasi Kabupaten Sijunjung serta kondisi jalan kabupaten di Ranah Lansek Manih butuh penangan serius.

“InsyaAlloh, semoga harapan kita terealisasi dan kini dalam proses di Kementerian PUPR, dan itu juga berkat dukungan dan bantuan pak Andre,”ucap Benny. *

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.