Isu Jelang Pilwakot, Pj Walikota Sawahlunto Zefnihan Dikabarkan Diganti Mendadak, Ada Apa..?

HLP

Dr. Zefnihan,S.STP, M.Si

JURNAL SUMBAR | Sawahlunto – Isu tak sedap jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai merebak. Kabarnya, Pj Walikota Sawahlunto, Sumatera Barat, Dr. Zefnihan,AP., M.Si.,diisukan bakal diganti. Benarkah?

Sebuah sumber di Sawahlunto pun membenarkan isu tersebut. Tak jelas apa penyebab Sekdakab Sijunjung diganti dari jabatannya sebagai Pj Walikota Kota “Arang” Sawahlunto itu.

Namun kuat kemungkinan persoalan politis. Sejauh ini belum didapat informasi yang pasti dibalik pergantian Zefnihan.

Zefnihan yang sebelumnya merupakan Sekda Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-3739 Tahun 2023, tentang Pengangkatan Penjabat Walikota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat.

Saat Dr.Zefnihan, dilantik sebagai Pj Walikota Sawahlunto

 

Menurut Gubernur Sumbar, Mahyeldi, kala itu, salah satu tugas dan tanggung jawab utama seorang Pj Wali Kota adalah bagaimana mempersiapkan agar penyelenggaraan pemilu serentak 2024 dapat berjalan sukses dan lancar.

“Sukses yang dimaksudnya itu tidak hanya tentang perhelatannya, tapi juga terkait penganggarannya, stabilitas keamanannya, dan termasuk netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Mahyeldi usai pelantikan, pada Kamis (21/9/2023) malam di Padang waktu itu.

Jika benar diganti, maka jabatan yang dipegang Zefnihan selaku Pj Walikota hanya kisaran tujuh bulan.

Epi

Benarkah Zefnihan Diganti?

“Iya, rencananya pada Kamis (25/4/2024) lusa serahterimanya di Gubernuran Sumbar di Padang. Saya juga sudah dapat informasi itu,”kata salahseorang pejabat yang layak dipercaya kepada Jurnalsumbar.Com, Selasa (23/4/2024) sore yang enggan disebut namanya.

Lantas siapa penggantinya?

Informasi yang dihimpun Jurnalsumbar.Com, pengganti Zefnihan adalah dari Kemendagri.

“Penggantinya Zefnihan itu, Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri., yakni Fauzan Hasan,S.STP.,M.Si.,”ujar sumber di Jakarta.

“Pj Walikota Sawahlunto pengganti Zefnihan itu putra dari mantan Wabup Sijunjung, Prof.DR. Hasan Zaini, MA periode 2000-2005,”tambah sumber lainnya. “Itu teman saya,”tambah sumber itu lagi.

Terkait hal itu, Pj Walikota Dr.Zefnihan,Ap., M.Si., tak berhasil di konfirmasi. Ditelpon tak dibalas begitu juga di whatsapp via HP-nya..+62 853-5882-8xxx nya juga tak dibalas. Sehingga tak ada klarifikasi soal pergantiannya itu.

Namun, jika memang Zefnihan diganti, secara otomatis ia bakal kembali menduduki jabatan sebagai Sekdakab Sijunjung. “Itu sudah aturan,”kata sumber lainnya di Sijunjung.

Terkait hal itu, Kepala Badan Kepegawaian  Daerah (BKD) Sumbar, Ahmad Zikri pun tak menapiknya.

“Rencananya iya, pelantikan Pj Walikota Sawahlunto, Fauzan Hasan,S.STP.,M.Si., menggantikan Zefnihan dilaksanakan pada Kamis (25/4/2024) di Gubernuran. Itu urusan bagian Biro Tampem,”kata mantan Kepala Bapppeda Sijunjung itu.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.